TANJUNGPINANG HARI INI

Sah, Bawaslu Tanjungpinang Umumkan 12 peserta terpilih Panwascam, Siap Kawal Pilgub Kepri 2020

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhamad Zaini mengatakan, 12 orang yang dinyatakan lulus menjadi Panwascam akan dilantik pada 23 Desember 2019.

Sah, Bawaslu Tanjungpinang Umumkan 12 peserta terpilih Panwascam, Siap Kawal Pilgub Kepri 2020
tribunbatam.id/istimewa
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini (tengah) bersama komisioner lainnya. Sebanyak 12 orang terpilih menjadi komisioner Bawaslu Tanjungpinang untuk mengawasi Pilgub Kepri 2020. 

TRIBUNBATAM.id,TANJUNGPINANG - Sebanyak 12 orang peserta lulus seleksi dan terpilih sebagai Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 2020. 

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menjelaskan, pengumuman resmi tersebut tertuang dalam surat pengumuman Nomor: 031/K.Bawaslu-KR-06/KP.01.00/XII/2019, pada (18/12/2019).

"Insya Allah rencana pelantikannya 23 Desember 2019 mendatang," katanya, Jumat (20/12/2019).

Ia menyampaikan, pengumuman resmi dapat dilihat di papan pengumuman kantor, laman website, dan media sosial Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang

Zaini juga mengungkapkan, bahwa peserta yang lulus, telah melewati pemeriksaan berkas administrasi, tes tertulis online socrative dan tes wawancara.

Mulai pengumuman perekrutan, sampai proses tahapan seleksi, berlangsung secara terbuka dan transparan, demi terpilihnya panwascam yang beringtegritas dan profesionalitas.

"Bawaslu ucapkan terima kasih kepada Polres dan KPU Tanjungpinang yang bekerja sama dalam membantu proses tracking terhadap seluruh nama peserta. Terkait dugaan keterlibatan dalam unsur politik atau dugaan melakukan hal yang tidak patut/kriminalitas, yang dapat mempengaruhi integritas dan profesionalitas calon Panwascam dalam melaksanakan tugas", tutur Zaini

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang Novira Damayanti mengatakan, bahwa proses wawancara berlangsung mulai 14 sampai 17 Desember 2019 di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang. Setiap peserta pun diwawancarai sekitar 30 menit.

Sesuai pedoman perekrutan Panwascam dari Bawaslu RI, ada beberapa ketentuan dalam penilaian tes seleksi, yaitu 30 persen bobot nilai tes tertulis, dan 70 persen bobot nilai tes wawancara.

Untuk bobot wawancara yang 70 persen itu, memiliki 5 kriteria penilaian. Di antaranya, penguasaan materi penyelenggaraan Pemilu, pengawasan dan penindakan pelanggaran, Integritas diri dalam melaksanakan tugas kepemiluan, komitmen dan motivasi yang tinggi, Kemampuan dalam berkomunikasi dan kemampuan kerjasama tim yang baik, Kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi, dan Pengetahuan lokal.

Ia juga menyampaikan, bahwa kriteria penilaian sangat komprehensif dari berbagai aspek dimensi terhadap pengetahuan dan kompetensi peserta. Persaingan antar peserta juga sangat kompetitif dengan jumlah pendaftar yang relatif banyak. Harapan kita semua terpilihnya Panwascam yang berintegritas dan Profesionalitas, yang bertanggungjawab kepada negara dan masyarakat dalam mengawal Pilkada 2020 yang demokratis, bersih dan bermartabat.

"Proses perekrutan Panwascam sesuai amanat dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, serta Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2019", tegasnya.(tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved