VIDEO - Bea Cukai Batam Musnahkan Ponsel dan Minuman Senilai Rp 7,35 Miliar

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai tipe B Batam, Susila Brata mengatakan pemusnahan terhadap barang milik negara merupakan barang kena cukai.

 
TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai tipe B Batam, Susila Brata mengatakan pemusnahan terhadap barang milik negara (BMN) merupakan barang kena cukai.
Diantaranya, rokok 7.983.382 batang, minuman beralkohol, ponsel berikut aksesorisnya, alat kesehatan dan lainnya. 
"Total yang dimusnahkan, bernilai Rp 7,3 miliar, dengan estimasi kerugian, Rp 2,5 miliar," ujar Susila, Kamis (19/12/2019).
Diakuinya jumlah penindakan mengalami penurunan dibandingkan dengan 2018 lalu. Namun dari nilai dan jumlah barang, mengalami peningkatan. Jumlah penindakan pada 2019 sebanyak 533, sementara 2018 lalu, jumlah penindakan sebanyak 583. 
 
"Dari jumlah penindakan turun, tapi dari nilai barang meningkat. Besar minuman dan rokok meningkat," kata Susila.
BMN yang dimusnahkan lanjut dia, merupakan barang yang tidak dapat digunakan ataupun tidak dimanfaatkan.  Termaksuk yang cepat rusak/ busuk, serta tidak dapat dihibahkan atau berdasarkan ketentuan lain peraturan perundang-undangan wajib dimusnahkan.
 
"Ini barang yang telah diselesaikan administrasinya. Kemudian, barang itu sudah mendapatkan persetujuan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam atas nama Menteri Keuangan," katanya.

Hadir pada pemusnahan itu, rombongan Komisi XI DPR RI bersama lainnya. Disampaikan, barang yang dimusnahkan, merupakan hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai tahun 2017 sampai tahun 2019. (rus)
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved