Breaking News:

Hujan Ekstrem Penyebab Banjir di Jakarta dan Sekitarnya, Berikut Penjelasan BNPB

Berdasarkan data titik pengukuran yang dilakukan BMKG, hujan ekstrem terjadi di sebagian besar Jawa serta empat titik di Jakarta dan sekitarnya.

Editor: Septyan Mulia Rohman
KONTAN
Pekerja sedang membangun tanggul untuk mencegah banjir di Jakarta 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Curah hujan di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya tergolong ekstrem. 

Berdasarkan rilis data intensitas curah hujan saat banjir besar dan tahunnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan hujan ekstrem menjadi penyebab banjir terjadi di sejumlah daerah di Jakarta dan sekitarnya. 

Tahun 1996 curah hujan 216 milimeter/hari, 2002 curah hujan 168 milimeter/hari dan 2007 curah hujan mencapai 340 milimeter/hari.

Kemudian 2008 curah hujan 250 milimeter/hari, 2013 curah hujan 100 milimeter/hari, 2015 curah hujan 277 milimeter/hari, dan 2016 curah hujan 100-150 milimeter/hari.

Sementara curah hujan untuk awal tahun 2020 berdasarkan data dari beberapa titik pengukuran yang dilakukan BMKG, intensitas curah hujan di sejumlah wilayah DKI Jakarta, tercatat TNI AU Halim curah hujan 377 milimeter, Taman Mini curah hujan 335 milimeter, dan Jatiasih curah hujan 259 milimeter.

Berdasarkan data tersebut, BNPB menyatakan hujan kali ini sangat ekstrem dan melanda sebagian besar Jawa bagian Barat-Utara sehingga menyebabkan banjir besar yang merata di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung Barat, bahkan Cikampek dan Cipali.

“Yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu” imbau Kepala BNPB, Doni Monardo dilansir Tribunnews.com.

BNPB mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang potensi banjirnya akan meningkat agar mengevakuasi diri ke tempat aman terlebih dahulu.

Hal tersebut berdasarkan prediksi BMKG yang menyatakan masih akan terjadi hujan hari ini sehingga banjir kemungkinan akan terjadi lagi.

Pantau dari Udara

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved