Mobil Terendam Banjir Segera Cabut Kabel Aki, Simak Penjelasan dari Ahlinya

Mobil yang mesin terendam air, sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat untuk dicek kondisi oli mesin, busi dan saringan udara tercampur air atau tidak.

Mobil Terendam Banjir Segera Cabut Kabel Aki, Simak Penjelasan dari Ahlinya
KOMPAS.COM/Nicholas Ryan Aditya
Foto ilustrasi kendaraan bermotor terendam air. 

TRIBUNBATAM.id - Banjir yang melanda Jakarta dan wilayah sekitarnya jadi perbincangan sejak beberapa hari terakhir di awal tahun 2020. 

Tidak hanya rumah, kendaraan bermotor ikut tergenang air akibat air yang meluap.

Tribun punya tips bagi pemilik kendaraan yang terendam air akibat banjir

Menurut Founder Smart Driving Institut, Karman Mustamin, mobil yang terendam air sebaiknya melakukan pemutusan arus listrik.

Dilansir Tribunnews.com, Karman mengatakan, bila keadaan mobil yang terendam berada di jalan raya,  ia menyarankan untuk memindahkan mobil ke tempat surut tanpa menyalakan mesin mobil.

Karman juga menyarankan untuk mobil yang mesinnya terendam air, agar dibawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan apakah mesin mobil kemasukan air atau tidak.

Pengecekan terhadap oli mesin dan bensin penting dilakukan untuk memastikan apakah kondisinya tercampur dengan air atau tidak. Perganian komponen penting ini harus dilakukan segera bila kondisinya tercampur. 

"Pengecekan itu seperti busi, saringan udara, koil dan alternator. Pengecekanan ini bisa sekaligus, dilakukan penanganan seperti mengeringkan busi yang basah. Bagi mobil yang sudah menggunakan teknologi ECU (electronic control unit), segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Karena ECU ini sangat sensitif terhadap kerusakan air," ujarnya.

Sementara itu, seorang montir di bengkel Aneka Motor, di Bogor. Memberikan tips saat membeli mobil bekas, agar tidak membeli mobil bekas banjir.

Asep yang sudah bekerja sebagai montir mobil selama 10 tahun, mengatakan mobil yang pernah terendam air terlihat dari eksteriornya.

"Seperti lampu-lampu akan terlihat buram, karena sela-sela seal lampu pernah masuk air," ucap Asep.

Halaman
12
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved