VIDEO - Proyek IPAL di Batam Ditargetkan Selesai Desember 2020

Proyek Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) sudah mencapai 78,2 persen.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Proyek Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) sudah mencapai 78,2 persen.

Ditargetkan, proyek tersebut akan selesai Desember 2020 mendatang.

"Proyek ini sendiri dikerjakan oleh Hansol EME dengan konsultannya Sunjin, keduanya berasal dari Korea Selatan," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana di Bida Marketing BP Batam, Selasa (31/12/2019).

IPAL Bengkong Sadai dibangun di atas lahan sekitar 7 hektare.

Proyek ini dibiayai dari dana dukungan Pemerintah Korea Selatan melalui pinjaman lunak (soft loan) Economic Development Coorperation Fund (EDCF) sebesar 43 juta dolar Amerika Serikat.

"Progres pengerjaannya sendiri, hingga Desember 2019 sudah mencapai 78,2 persen. Direncanakan pada Februari 2020, akan selesai," tuturnya.

 BP Batam Gesa Perbaikan Jalan Proyek IPAL

 

Nantinya, IPAL Bengkong Sadai ini akan memiliki kapasitas 20.000 meter kubik per hari atau 230 liter per detik dan mampu menghasilkan kompos sebanyak 18 kubik per hari.

Selain pembangunan IPAL Bengkong Sadai, BP Batam juga telah melakukan pemasangan pipa dengan total panjang mencapai 114,3 kilometer (KM).

Dan sukses melakukan pemasangan 11.000 sambungan rumah dengan panjang sambungan mencapai 500 KM.

"Pipa utama dari 114 km. Sudah terpasang sekitar 94 km. Sisanya sebagian besar di perumahan. Perumahan yang besar itu, perumahan yang terlalui pipa yang menuju ke stasiun pompa. Seperti Royal Grande, Perumahan PKP, dan lainnya. Ada sisa 8 kilometer," katanya.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved