BATAM HOTNEWS

VIDEO - KPI Pusat Hentikan Sementara Sinetron Anak Langit

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat baru saja mengumumkan bahwa sinetron Anak Langit yang ditayangkan SCTV dihentikan sementara.

TRIBUNBATAM.id - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat baru saja mengumumkan bahwa sinetron Anak Langit yang ditayangkan SCTV dihentikan sementara.

Dijelaskan, alasan adanya pengentian ini lantaran sinetron tersebut tidak menampilkan muatan yang seharusnya ada dalam program acara dengan klasifikasi "R" (remaja).

Sinetron itu justru melakukan pelanggaran dengan menampilkan adegan perkelahian yaitu saling pukul dan menendang yang muncul secara detail dan intensif.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dalam situs resmi KPI yang diunggah pada Jumat 3 Januari 2020.

Disebutkan, penghentian sementara ini diputuskan melalui Rapat Pleno KPI Pusat yang kemudian dituangkan dalam surat keputusan tertanggal 4 Desember 2019 lalu.

Purnomo mengatakan isi siaran dengan klasifikasi "R" harusnya menampilkan muatan yang mengandung informasi tentang pendidikan, hiburan dan martabat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemaujan, kekuatan bangsa.

Dilanjutkan, isi siaran seharusnya juga menampilkan muatan yang mendorong untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta mengamalkan nilai-nilai agama dan budaya Indonesia.

Menurut KPI, siaran tersebut telah mengabaikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan melanggar Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Dalam tayangan Anak Langit SCTV tanggal 20 serta 27-30 September 2019 dan 3-6, 8, serta 10 Oktober 2019, terlihat detail dan intensif beberapa adegan perkelahian.

Purnomo menyampaikan sanksi penghentian sementara yang diberikan pada sinetron Anak Langit selama 2 (dua) kali penayangan.

Sebelumnya pada awal Oktober 2019, sinetron yang dibintangi oleh Stefan William ini juga sudah mendapat teguran keras dari KPI.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved