BATAM TERKINI

WARNING BMKG! Seminggu ke Depan, Cuaca Ekstrim Ancam Kepri, Hujan Petir Disertai Angin

BMKG Hang Nadim mengingatkan warga Kepri termasuk Batam agar mewaspadai cuaca ekstrim yang mengancam selama sepekan ke depan.

WARNING BMKG! Seminggu ke Depan, Cuaca Ekstrim Ancam Kepri, Hujan Petir Disertai Angin
(Pixabay)
Ilustrasi hujan petir 

WARNING BMKG! Seminggu ke Depan, Cuaca Ekstrim Ancam Kepri, Hujan Petir Disertai Angin

TRIBUNBATAM.id, BATAM - BMKG Hang Nadim mengingatkan warga Kepri termasuk Batam agar mewaspadai cuaca ekstrim yang mengancam selama sepekan ke depan.

"Selain cuaca ekstrim, dalam seminggu ke depan juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir maupun angin kencang,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Hang Nadim Batam, Mulyono.

Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer terkini, masih ada potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia dalam jangka waktu 7 hari ke depan.

“Hal itu disebabkan karena berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) serta meningkatnya pola Tekanan Rendah di Wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS). Sehingga dapat terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia,” ujarnya.

Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS khususnya di sekitar Australia serta dapat membentuk pola konvergensi atau pertemuan massa udara.

Dampak lain yang terjadi yaitu terjadinya belokan angin menjadi signifikan, sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator.

KECELAKAAN DI BATAM - Alami Luka Memar, Pengemudi Honda Brio Kaget Diseruduk Kontainer dari Belakang

Berdasarkan model prediksi aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah, Mulyono menjelaskan bahwa mulai terjadi secara aktif di sekitar wilayah Indonesia selama tujuh hari ke depan.

“Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia,” ucapnya.

Atas kondisi tersebut, BMKG memperkirakan dalam periode tujuh hari ke depan, cuasa ekstrem dan curah hujan dengan intentitas lebat diikuti petir dan angin kencang diprediksi akan melanda beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya yaitu Kepulauan Riau hingga 12 Januari mendatang.

Sementara itu, potensi ketinggian gelombang laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah perairan sebagai berikut untuk sepekan ke depan seperti di Laut Natuna Utara, serta Perairan Utara Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna.

“Untuk itu masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” ujarnya.

Selain itu, Ia menambahkan bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada. (TRIBUNBATAM.id/Alamudin Hamapu)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved