HARI LINGKUNGAN HIDUP NASIONAL 2020

Pemprov Jakarta Larang Pemakaian Plastik Sekali Pakai, Ini Alasannya!

Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan plastik sekali pakai yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019.

Pemprov Jakarta Larang Pemakaian Plastik Sekali Pakai, Ini Alasannya!
FREEPIK.COM
Bahaya sampah plastik 

Pemprov Jakarta Larang Pemakaian Plastik Sekali Pakai, Ini Alasannya!

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan plastik sekali pakai yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019.

Pergub tersebut mengatur tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, larangan penggunaan plastik sekali pakai bertujuan agar masyarakat mengurangi limbah plastik.

"Intinya kami ingin bangun kesadaran masyarakat semua untuk mengurangi limbah plastik," ujar Anies di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (7/1/2020).

Anies berujar, Pergub Nomor 142 Tahun 2019 juga diterbitkan karena Pemprov DKI menyadari adanya perubahan lingkungan karena banyaknya sampah plastik.

5 Jenis Sampah Terbesar di Bumi, Waspadai Puntung Rokok hingga Sedotan Plastik

"Itu kan bagian dari kami menyadari perubahan lingkungan yang luar biasa, dan salah satu kontributornya adalah plastik-plastik," kata dia.

Meskipun demikian, Anies menyampaikan, tidak semua plastik menimbulkan masalah.

Sebab, plastik juga bisa diolah menjadi hal yang bermanfaat.

"Alat-alat kedokteran itu di rumah sakit banyak yang berbasis plastik itu bisa diolah, tapi kami membuat peraturan khusus yang terkait kantong plastik," ucap Anies.

Pergub Nomor 142 Tahun 2019 sudah diteken pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

Pergub itu akan diberlakukan pada 1 Juli 2020. Sebab, Pemprov DKI akan menyosialisasikan aturan itu terlebih dahulu selama Januari-Juni 2020.

Pergub itu mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Mulai Juli 2020 Pemprov DKI melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut. (*)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Larang Plastik Sekali Pakai agar Masyarakat Kurangi Limbah Plastik"

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved