BATAM TERKINI

Salurkan Hak Pilih, Ini yang Mesti dilakukan Penyandang Disabilitas & Orang Berkebutuhan Khusus

Penyandang disabilitas atau orang berkebutuhan khusus tetap dapat menggunakan hak pilihnya dibantu pendamping yang dipilih sendiri. Ini ketentuannya

Salurkan Hak Pilih, Ini yang Mesti dilakukan Penyandang Disabilitas & Orang Berkebutuhan Khusus
TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Ketua KPU Batam, Herrigen 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Warga Batam penyandang disabilitas dan masuk kriteria orang berkebutuhan khusus tetap dapat menggunakan hak pilihnya saat pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Herrigen Agusti mengungkapkan warga yang termasuk dalam orang yang berkebutuhan khusus dapat memilih dengan didampingi saat Pilkada Serentak.

“Undang-undang mengatakan mereka (penyandang disabilitas dan orang berkebutuhan khusus) punya hak pilih, kita akan mengikuti tentunya, nanti akan didampingi,” papar Agusti, Rabu (8/1/2020).

Agusti mengatakan pendamping ini akan dipilih sendiri oleh pemilih tersebut.

“Nanti mereka bebas memilih siapa saja yang jadi pendampingnya, tapi pendampingnya itu harus didaftarkan terlebih dahulu dan ada persyaratannya,” tutur Agusti.

Pendamping orang berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas nantinya diharuskan memenuhi persyaratan dan membuat surat pernyataan kepada KPU.

Jelang Pilkada, Bawaslu Batam Ingatkan KPU Soal Persiapan Logistik, Jangan Sampai Terlambat Lagi

KPU Karimun Butuh 60 Anggota PPK untuk Pilkada, Berikut Tanggal Pendaftaran dan Syaratnya

Surat pernyataan itu berupa kesediaan pendamping untuk membantu pemilih sampai ke bilik suara, dan tetap memegang kerahasiaan pilihan dari orang yang didampingi.

“KPU tak menyediakan pendamping, karena hak dari pemilih adalah memilih orang yang dia percaya untuk mendampingi,” sambung Agusti.

Khusus untuk kriteria orang yang berkebutuhan khusus, pihak KPU akan berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kalau kriteria orang dengan kebutuhan khusus itu bukan dari KPU yang menentukan. Jadi biasanya mereka itu tergabung dalam komunitas tertentu.

Nah kita akan mensosialisasikan ke komunitas tersebut dan berkoordinasi, mungkin kita akan ke sekolah-sekolahnya,” ungkap Agusti.

KPU Batam Ajak Masyarakat Gabung Jadi Anggota PPS dan PPK

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam Herrigen Agusti mengajak warga Batam untuk mendaftarkan diri sebagai bagian dari pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Halaman
1234
Penulis: Ardana Nasution
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved