ADVERTORIAL

Rian Ernest Sebut Rumah Liar adalah Etalase Masalah Batam Sesungguhnya

Bersama timnya, Rian Ernest melakukan blusukan ke salah satu pemukiman Rumah Liar (Ruli) yang berlokasi di kecamatan Batu Aji, Batam, Kamis (9/1/2020)

Rian Ernest Sebut Rumah Liar adalah Etalase Masalah Batam Sesungguhnya
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Bakal Calon Wali Kota Batam 2020 jalur independen, Rian Ernest, saat bercanda dengan beberapa anak kecil di salah satu pemukiman Rumah Liar (Ruli) yang berlokasi di Batu Aji, Batam, Kamis (9/1/2020). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kota Batam merupakan salah satu kota dengan potensi pertumbuhan terpesat di Indonesia. Letaknya yang sangat strategis di jalur pelayaran dunia serta berdekatan dengan Negara Singapura dan Malaysia menjadikan Kota Batam sebagai salah satu destinasi utama bisnis dan perdagangan.

Mirisnya, di tengah keistimewaan kota yang kerap disebut sebagai kota industri ini, masih banyak ditemui permukiman kumuh yang biasa disebut Rumah Liar (Ruli) oleh warga Batam.

Selama ini, polemik permasalahan ruli di kota ini seolah tak pernah habis. Bukan sengaja karena tampaknya segala upaya sudah dilakukan warga yang bermukim di ruli untuk mendapatkan rumah tinggal dan kehidupan yang lebih layak.

Namun, akhirnya keadaan ekonomi tetap memaksa mereka untuk tinggal di ruli dengan konsekuensi harus siap digusur sewaktu-waktu secara paksa oleh pemilik lahan.

Melihat permasalahan ini, bakal calon Wali Kota Batam 2020 jalur independen, Rian Ernest melakukan blusukan ke salah satu pemukiman Rumah Liar (Ruli) yang berlokasi di kecamatan Batu Aji, Batam, Kamis (9/1/2020).

Bersama tim relawan, Rian Ernest mengunjungi warga dari satu rumah ke rumah yang lain dimulai pukul 17.00-19.30 Wib.

Ditanya mengenai alasannya melakukan blusukan ke Ruli, pria yang lulusan Hukum Bisnis Universitas Indonesia ini menyebutkan bahwa Ruli merupakan etalase permasalahan kota sesungguhnya.

“Kenapa harus ruli? Karena ruli ini adalah menjadi semacam etalase masalah sesungguhnya yang ada. Apalagi filosofi politik saya, saya pasti akan selalu bela orang yang lemah,” ungkapnya.

Mantan Staf Ahli Gubernur DKI Jakarta, Ahok ini, juga menyebutkan bahwa ia percaya permasalahan sebuah kota selalu berasal dari bawah.

“Sebagai orang politik saya selalu percaya masalah itu ada langsung di bawah dan kita harus datangi masalahnya,” ujar Rian.

Tak hanya di Batam, sebelumnya Rian Ernest juga kerap melakukan blusukan saat ia menjadi Caleg PSI untuk DPR RI Dapil DKI Jakarta Timur dalam pemilu 2019 lalu.

“Makanya saya bukan hanya di Batam, dari Jakarta pun saya bukan Ruli lah, ya, istilahnya mungkin pemukiman padat atau tanda kutip, ‘kumuh’, kalau disini istilahnya Ruli. Nah itu memang cara saya untuk mendapatkan aspirasi yang lebih nyata dan konkrit dari masyarakat,” ujarnya. (adv)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved