IMLEK 2020

Stok Masih Kosong, Ikan Dingkis Mulai Dijual Sepekan Jelang Imlek

Warga Tionghoa meyakini dengan menyajikan ikan dingkis saat Imlek akan membawa keberuntungan.

Stok Masih Kosong, Ikan Dingkis Mulai Dijual Sepekan Jelang Imlek
TRIBUNBATAM/ZABUR A
Ilustrasi. Ikan Dingkis, ikan yang paling dicari saat Imlek 

TRIBUNBATAM,id. BATAM - Menjelang Perayaan Imlek di wilayah Batam dan Kepulauan Riau, salah satu bahan baku kuliner yang diburu adalah ikan dingkis.

Warga Tionghoa meyakini dengan menyajikan ikan dingkis akan membawa keberuntungan. Tak heran, jika harga ikan dingkis menjelang perayaan Imlek seperti saat ini nilainya meroket.

Seperti misalnya di Pasar Pujabahari, seorang pedagang ikan bernama Heri mengatakan jika memang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi jika menjelang Imlek peminat dan harga ikan dingkis meningkat.

 “Karena peminatnya banyak, jadi harganya pun melonjak. Namun untuk di pasar ini belum ada pasokan ikan dingkis yang masuk,” ujarnya, Jumat (10/1).

Heri mengatakan jika ikan dingkis di pasaran mulai diperdagangkan dalam waktu paling lama sepekan menjelang perayaan Imlek atau paling tidak mulai diperjualbelikan minggu depan.

Jika hari biasa ikan dingkis tanpa telur dibanderol dengan harga Rp 25 hingga 35 ribu per kilogram, saat menjelang Imlek seperti ini harga ikan dingkis mampu mencapai Rp 200 hingga 300 ribu per kilogram.

“Bedanya jika dihari biasa, ikan dingkis itu jarang terdapat telur ikan di dalamnya. Namun saat Imlek ini rata-rata didalam ikan dingkis mau yang ukuran besar atau kecil, ada telur ikannya,” ujarnya.

Asal ikan dingkis untuk di pasar Kota Batam pun berbeda-beda, mulai dari Pulau Karas, Pulau Kasu hingga Jembatan Barelang.

Untuk jenis ikan dingkis mana yang paling banyak diminati masyarakat, itu sama saja. Karena tergantung selera masing-masing orang,” ucapnya.

Sri, pedagang ikan di lokasi yang berbeda yaitu di Pasar Bengkong Harapan mengatakan jika saat ini pasokan ikan dingkis memang belum ada.

 “Biasanya baru masuk minggu depan. Karena stok ikan dingkis yang dipasarkan itu berbeda, yaitu yang bertelur,” paparnya.

Selain ikan dingkis, Sri mengatakan panganan laut lainnya yang biasa diminati masyarakat menjelang imlek yaitu ikan kerapu dan bawal putih.

 “Kedua jenis ikan tersebut saat ini masih normal harganya, berkisar mulai Rp 60 ribu,” ucapnya.  (*)

Penulis:
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved