BATAM TERKINI

Bisa Tambah PAD Batam, Warga Minta Sungai Langkai Dijadikan Objek Wisata Baru

Warga berharap sungai Langkai bisa menjadi tempat wisata baru, atau tempat joging serta tempat bersantai pagi hati dan sore

Bisa Tambah PAD Batam, Warga Minta Sungai Langkai Dijadikan Objek Wisata Baru
TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG
Sungai Langkai yang berlokasi di Sagulung, Batam beberapa tahun belakangan diperbaiki oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) wilayah Sumatera Utara. 

Digadang Tambah PAD Batam,  Sungai Langkai Bakal Dijadikan Objek Wisata Baru

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sungai Langkai yang berlokasi di Sagulung, Batam beberapa tahun belakangan diperbaiki oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) wilayah Sumatera Utara.

Saat ini, perwajahan Sungai Langkai sudah mulai terlihat jika memandang dari Jembatan Nato.

Sungai Langkai menjadi pembatas Kavling Flamboyan dan Juga Kavling Nato berseri karena melintas dari Kavling Kambajo, Perumahan Putri Hijau dan Kavling Melati.

Pemasangan beton di bibir sungai sudah dikerjakan oleh BWS secara berkala beberapa tahun belakangan, dan jarak antara rumah warga dengan bibir sungai cukup lebar.

Hal tersebut membuat warga masyarakat Sagulung berharap dikelola oleh pemerintah.

Warga berharap sungai itu, bisa menjadi tempat wisata baru, atau tempat joging serta tempat bersantai pagi hati dan sore, bahkan sepanjang hari jika dikelola oleh pemerintah dengan baik.

Sejumlah Titik Kampung Tua akan Dijadikan Obyek Wisata, Dibahas Dalam Rapat Pansus Kampung Tua

Parlaungan Siregar, Warga Kavling Nato Berseri, Kelurahan Sei Langkai Kecamatan Sagulung, mengatakan sepanjang bibir Sungai Langkai yang sudah selesai dikerjakan oleh BWS, seharusnya dikelola oleh pemerintah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ya kalau kita lihat di negara lain, seperti Malaysia, sepanjang Pinggir Sungai dijadikan tempat wisata kuliner. Jadi Sungai langkai sudah saatnya dikelola oleh Pemerintah," kata Parlaungan.

Dia juga mengatakan jika pemerintah tidak cukup tenaga, waktu dan juga keungan daerah dalam mengelola pinggir Sungai Langkai.

Pemerintah bisa menggandeng pengusaha untuk menata sepanjang pinggir sungai Langkai.

"Kalau pinggir Sungai Langkai ditata dengan baik, saya rasa akan menambah PAD Kota Batam, terlebih menjadi objek wisata baru di Batam,"kata Parlaungan.

Parlaungan mengatakan selain menambah PAD Kota Batam, dengan ditatanya pinggir Sungai Langkai, yang merupakan terbentang ditengah padatnya penduduk akan menghidupkan Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat.

Dia berharap kepada Pemerintah Kota Batam agar melakukan penataan sepanjang bibir sungai Langkai yang ada di Kelurahan sungai Langkai, Kecamatan Sagulung Kota Batam, Provinsi Kepri. (TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved