TANJUNGPINANG TERKINI

Putra Mantan Bupati Bintan, Roby Kurniawan Pimpin IAP Kepri, Jadi Ketua IAP Termuda se-Indonesia

Roby Kurniawan terpilih sebagai Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Provinsi Kepri periode 2020-2023.

Putra Mantan Bupati Bintan, Roby Kurniawan Pimpin IAP Kepri, Jadi Ketua IAP Termuda se-Indonesia
tribunbatam.id
Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2020-2023, Roby Kurniawan Putra menyampaikan sambutan usai terpilih pada Kongres ke-3 di sebuah hotel di Batam Sabtu, (11/1/2020). 

TRIBUNBATAM.id,TANJUNGPINANG - Kongres Provinsi Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepri, Sabtu (11/1/2020) lalu di Batam, berhasil membentuk kepengurusan baru.

Dalam kongres itu, pucuk pimpinan IAP Kepri beralih dari Ir Suratno kepada Roby Kurniawan untuk periode 2020-2023.

Roby adalah putra anggota DPR RI asal Kepri, yang pernah menjadi Bupati Bintan, Ansar Ahmad.




Roby menjadi ketua usai kongres IAP ke-3 yang dilaksanakan di sebuah hotel di Batam Sabtu lalu dan dihadiri 70 peserta IAP aktif.  

Selain anggota IAP aktif, hadir perwakilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Pemerintah Kota Batam, Inkindo dan akademisi.

Terpilihnya Roby Kurniawan sebagai Ketua IAP Provinsi Kepri mengantarkan dirinya sebagai Ketua IAP termuda se-Indonesia dengan usia 26 tahun.

IAP Kepri Adakan Kongres Provinsi Sabtu (11/1) di Batam, Cari Pimpinan & Bentuk Kepengurusan Baru

Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Kecamatan 2020 di Anambas, Ini yang Dilakukan Kades Rewak

Ketua terpilih Roby Kurniawan mengatakan, pertemuan ini merupakan langkah awal untuk memperkuat internal IAP Kepri.

Alumni Trisakti ini berkomitmen untuk membentuk pengurus IAP Provinsi Kepri setelah dirinya dilantik. 

“Selain membentuk pengurus, dalam waktu dekat ini kami akan menyusun rencana kerja. Selanjutnya diharapkan IAP Kepri dapat eksis memberikan dukungan kepada Pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pembangunan di Bunda Tanah Melayu," ucapnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kepri, Syamsul Bahrum membuka acara tersebut, dan disejalankan dengan seminar dengan tema ‘Peran dan Penguatan IAP Kepri dalam Perencanaan Pembangunan

Narasumber terdiri dari, Ketua Umum IAP, Dr.Phil Hendricus Andy Simarmata, Pengamat Perkotaan, Dr. Yayat Supriatna, dan Kepala Bappelitbangda Kota Batam, Dr. Wan Darussalam dan sebagai moderator Dr. M. Gita Indrawan.

Ketua Umum IAP, Phil Hemdricus menyampaikan bahwa rencana pengembangan wilayah Kepri perlu mengintegrasikan pengelolaan sumber daya berkelanjutan, kelentingan terhadap perubahan dinamika global lokal, pengetahuan, dan budaya setempat, serta perlu mempertimbangkan Geo-Strategik pertahanan keamanan.

“Perlu adanya integrasi yang baik, agar rencana pengembangan wilayah Kepulauan Riau dapat menghasilkan harapan yang maksimal,” kata Phil Hemdricus.

Ia juga mengusulkan, agar IAP Kepri dapat menjadi tuan rumah dalam acara konferensi internasional terkait urban archipelago.

Sementara itu pengamat perkotaan, Dr Yayat Supriatna menyampaikan, terkait pembangunan wilayah harus memiliki aktor yang kuat sebagai penggerak dalam membangun afiliasi.

“Perencanaan jangan mengikuti trend tetapi diharapkan dapat mengantisipasi permasalahan perkotaan melalui “land value capture” serta adanya terobosan RKPD Non APBD dalam pembiayaan pembangunan wilayah,” katanya.

(Tribunbatam.id/Endrakaputra)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved