KPU Batam Buka Pendaftaran PPK higga 17 Januari 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam resmi mengumumkan penerimaan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 15 Januari lalu.

KPU Batam Buka Pendaftaran PPK higga 17 Januari 2020
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Polsek Sekupang mengunjungi KPU Kota Batam, Selasa (14/1/2020) 

TRIBUNBATAM.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam resmi mengumumkan penerimaan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 15 Januari lalu.

Pengumuman itu dibuka hingga Jumat, 17 Januari 2020.

"Pada tanggal 15 sampai 17 Januari kita buka pengumuman untuk warga bisa mempersiapka diri, dan pada tanggal 18 sampai 21 Januari merupakan waktu pendaftaran," ujar Komisioner KPU Kota Batam, William, Kamis (16/01/2020).

Kata dia, untuk jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kota Batam membutuhkan 60 orang.

Hanya saja untuk warga yang sudah dua periode menjabat PPK tidak bisa mendaftar lagi.

"Artinya tidak bisa mendaftar lagi sebagai PPK," ucapnya.

Hal itu berdasarkan surat KPU nomor 12 tahun 2020 pada 10 Januari tentang pembentukan panitia pemilihan kecamatan pada Pilkada Serentak 2020 yang mempedomani PKPU RI Nomor 3 tahun 2017 tentang rekrutmen adhoc.

Dalam aturan itu memegaskan bahwa PPK atau PPS yang pernah menjabat dua kali menjadi PPK atau Panwascam secara berturut turut tidak diperkenankan mendaftar kembali, namun diluar itu boleh.

"Jadi ketika seseorang sudah pernah menjabat dua kali berturut-turut sebagai PPK itu tidak boleh, berbeda hal jika seseorang pernah jadi PPK dalam dua priode namun tidak berturut-turut itu boleh mengikuti," terangnya.

Selanjutnya, kata William habis penerimaan berkas pihaknya akan melaukan penerimaan masukan dari warga atas tindak tanduk seorang calon PPK sebelum pihaknya memutuskan hasil pendaftaran PPK.

Demi terselenggaranya Pilkada Serentak yang lancar dan tanpa masalah, William mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi dengan mendapaftarkan diri sebagai anggota PPS dan PPK.

Menurutnya, dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar maka akan lebih mudah dalam menyaring sumber daya manusia terbaik untuk dipilih.

“Kita berharap lebih banyak yang mendaftar maka kita akan bisa menyaring kandidat terbaik untuk menjadi anggota PPS dan PPK,” tungkasnya(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved