BATAM TERKINI

171 Permohonan Impor Belum Diproses Gegara Perka, Ini Kata Kadin Batam

Sebanyak 171 pemohon yang mengajukan permohonan impor produk penunjang industri ke BP Batam belum bisa diproses karena terbentur Perka 11 tahun 2019.

171 Permohonan Impor Belum Diproses Gegara Perka, Ini Kata Kadin Batam
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk 

171 Permohonan Impor Belum Diproses Gegara Perka, Ini Kata Kadin Batam

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebanyak 171 pemohon yang mengajukan permohonan impor produk penunjang industri ke BP Batam belum bisa diproses karena terbentur dengan aturan Perka 11 tahun 2019.

Terkait hal ini Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Batam mengakui memang banyak pengusaha mengeluh permohonan impor ini belum diproses.

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk menyesalkan proses ini belum dapat diselesaikan.

Terkait tersendatnya permohonan ini, Jadi melanjutkan pihaknya sudah mengkomunikasikan hal ini kepada Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto.

"Saya sudah tanyakan kepada Pak Waka. Katanya aman bos sedang kita selesaikan. Beliau kawal prosesnya. Semoga programnya beres," ujar Jadi.

Direktur Pelayanan Lalu Lintas (lalin) dan Penanaman Modal BP Batam, Purnomo Andiantono menyebutkan dari 800 perusahaan, baru sekitar 200 perusahaan saja yang berpartisipasi memberikan kuota kebutuhan mereka.

600 Perusahaan Tak Serahkan Kuota Induk, BP Batam Belum Proses 171 Permohonan Impor

Demikian juga dengan harmonized system (HS) code, saat ini baru ada sekitar 1.900 HS code yang diberikan, padahal pada 2019 lalu BP Batam menerima 2.900 HS code.

"Sebenarnya kita sudah minta partisipasi dari bulan November lalu dari perusahaan, tapi itu juga belum maksimal, mungkin masih dengan kesibukan di akhir tahun," ujar Andiantono di Gedung Balairungsari BP Batam, Kamis (16/1/2020).

Sementara itu terkait dengan list HS code ini, besarannya memang tidak tetap.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved