BATAM TERKINI

Setelah Rahma Rahmi, Operasi Pemisahan Kembar Siam Kedua di Batam Bakal Digelar Maret 2020

Ketua Tim Bayi Kembar Siam, dr Indrayanti mengatakan, operasi kembar siam Zakia merupakan operasi kedua yang akan dilakukan di Batam

Setelah Rahma Rahmi, Operasi Pemisahan Kembar Siam Kedua di Batam Bakal Digelar Maret 2020
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN
dr Meidy Daniel Posuma SpA baju hijau sedang memberi penjelasan dengan Plt Gubernur Kepri Isdianto pada Sabtu (18/1/2020) di RS BP Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rumah Sakit (RS) Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Zakia, pada Maret 2020. 

Menurut Ketua Tim Bayi Kembar Siam, dr Indrayanti, ini merupakan operasi kembar siam kedua yang akan dilakukan operasi di Batam.

"Yang pertama 2016 dan alhamdulillah berjalan baik di rumah sakit Awal Bros, dan yang kedua ini insyaallah akan dilakukan di RS BP Batam," ujarnya kepada Plt Gubernur Kepri Isdianto pada Sabtu (18/1/2020) saat menjenguk bayi kembar tersebut di RS BP Batam.






Di tempat yang sama, dr Meidy Daniel Posuma SpA mengatakan, operasi pertama yang dilakukan tahun 2016 lalu cukup berat karena jantung, paru berat.

"Waktu itu kami ngotot dan berupaya keras agar bisa dilakukan di Batam. Misi kami adalah untuk menunjukan bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia ini sudah merata sampai di ujung perbatasan Indonesia," ujar Meidy dengan nada yakin.

Meidy menyampaikan, kejadian serupa pernah terjadi di Bali.

Tim medis rumah sakit dari Australia minta operasi pemisahan bayi kembar siam itu dilakukan di Australia.

Dokter spesialis anak itu mengatakan, tim medis Australia menunjukkan keseriusan mereka dengan menyiapkan ambulans pesawat oleh pihak Australia agar bayi kembar siam itu dibawa dan dioperasi di negaranya.

"Tetapi Gubernur Bali waktu itu menolak hal tersebut karena menurutnya harus dilakukan oleh tim medis Indonesia," ujarnya.

Meidy menyampaikan agar masyarakat di Kota Batam dan Provinsi Kepri membantu mendoakan operasi yang dilakukan Maret mendatang bisa berjalan lancar.

Halaman
1234
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved