Disdukcapil Bintan Resmikan Layanan Berbasis Online, Warga Bisa Akses Lewat Smartphone

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan meresmikan Layanan Berbasis Online. Masyarakat dapat mengaksesnya lewat smartphone.

Disdukcapil Bintan Resmikan Layanan Berbasis Online, Warga Bisa Akses Lewat Smartphone
tribunbatam.id/istimewa
Wakil Bupati Bintan, Dalmasri saat meresmikan Kantor Pelayanan Disdukcapil Bintan yang di pusatkan di area perkantoran Bandar Seri Bentan dengan menempati Gedung eks-Satpol PP Bintan, Kamis (23/1/2020). 
TRIBUNBATAM.id,BINTAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan meresmikan Layanan Berbasis Online.
Kepala Disdukcapil Bintan, Ismail mengatakan, pelayanan adminitrasi kependudukan berbasis online ini merupakan hal yang telah lama dipersiapkan.
Ini juga bertujuan untuk mempermudah pelayanan kependudukan kepada masyarakat. 
"Sadar dengan kondisi geografis kita, ditambah masyarakat yang menyebar di setiap wilayah. Jaraknya bahkan bisa puluhan kilometer. Kalau bisa online jadi lebih mudah. Sekarang sedang uji coba dan sosialisasi. Kalau sudah berjalan, tinggal diakses, daftarkan terus ikuti panduan di dalamnya," ucapnya, Kamis (23/1/2020). 
Ismail mengungkapkan, masyarakat dapat mengakses melalui ponsel cerdas untuk mendapat layanan ini. Setelah dibuka, daftarkan dan pilih kepengurusan yang akan dilakukan. 
Selanjutnya, unggah semua persyaratan yang tertera berbentuk file foto.Semua berkas tersebut akan diverifikasi Tim Disdukcapil. 
Setelah semua persyaratan terpenuhi, permintaan akan segera dicetak dan masyarakat langsung datang ke kantor Disdukcapil membawa persayaratan aslinya untuk mengambil surat kependudukan yang telah dicetak. 
"Perlu menjadi catatan, persyaratan yang paling terpenting jangan sampai berkas persyaratan yang diunggah bermasalah dan harus benar adanya," ujarnya. 
Disdukcapil Bintan juga melakukan kerja sama pencatatan akte kelahiran dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan. 
Kerja sama ini juga meliputi 15 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang tersebar di 10 kecamatan.
Kerja sama antar dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dilakukan bersempena dengan peresmian Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan yang terpusat di area Perkantoran Bandar Seri Bentan dengan menempati Gedung eks-Satpol PP Bintan.
 
Kantor Pelayanan Disdukcapil Bintan itu langsung diresmikan oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Kamis (23/1/2020).
"Ini suatu komitmen dan keseriusan dalam memangkas alur pelayanan. Kita ingin masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan, termasuk pencatatan kependudukan," ujar Dalmasri saat memberikan sambutannya.
Dalmasri juga menambahkan, bahwa pemindahan pemusatan pelayanan catatan kependudukan ini merupakan kelanjutan dari pemusatan Pemerintahan di Bandar Seri Bentan.
"Di sini sudah bisa pelayanannya, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mengurus," ucapnya.
 
 
Punya 2 Kantor
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan pindah kantor.
Terhitung Kamis (23/1/2020) besok, kantor Disdukcapil Bintan bakal berkantor di kawasan Pemerintahan Bintan Buyu.
Disdukcapil Bintan sebelumnya berkantor di Jalan Ahmad Yani, Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.
"Kepala Dinas, Sekretaris, Kabid dan Kasi akan berkantor di Bintan Buyu," ujar Sekretaris Disdukcapil Bintan, Irianto, Rabu (22/1/2020).
Meski bepindah kantor, namun Irianto memastikan jika kantor Disdukcapil di Tanjungpinang masih tetap beroperasi. 
Kantor di sana bakal berstatus sebagai Kantor Cabang Pembantu. Sementara kantor yang berlokasi di Bintan Buyu, rencananya akan melayani 4 kecamatan di Kabupaten Bintan. 
"Khusus Kantor Disdukcapil di Bintan Buyu akan melayani masyarakat 4 Kecamatan meliputi Kecamatan Bintan Utara, Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Sri Kuala Lobam dan Kecamatan Teluk Bintan," ungkapnya.
Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, sistem pelayanan ke dua kantor tersebut dipastikan akan tetap sama. 
Menurutnya, keberadaan kedua kantor tersebut sangat dibutuhkan guna memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal. 
"Warga juga tidak jauh lagi, gedung nya kita memanfaatkan eks Kantor Satpol di Bintan Buyu. kita ingin ini bisa membantu keinginan masyarakat,"tutupnya.(tribunbatam.id/alfandisimamora)
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved