ANAMBAS TERKINI

Kapal Rusak, Penumpang Rute Kampung Baru - Air Anambas Dialihkan ke Roro Pengganti

Kapal Roro MV Anambas 5 yang bersandar di pelabuhan Kampung Baru, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa minggu terakhir rusak.

Kapal Rusak, Penumpang Rute Kampung Baru - Air Anambas Dialihkan ke Roro Pengganti
TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
Kapal Roro MV Anambas 5 yang bersandar di pelabuhan Kampung Baru, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa minggu terakhir tidak beroperasi seperti biasanya. 

Kapal Rusak, Penumpang Rute Kampung Baru - Air Anambas Dialihkan ke Roro Pengganti

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kapal Roro MV Anambas 5 yang bersandar di pelabuhan Kampung Baru, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa minggu terakhir tidak beroperasi seperti biasanya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Kadishub LH) Ekodesi membenarkan jika kapal roro tersebut beberapa minggu terakhir tidak bisa mengangkut penumpang dari pelabuhan Kampung Baru menuju Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah.

"Kita sudah datang ke sana dan bertemu operator teknisinya, mereka bilang ada masalah pada mesin. Jadi tidak bisa hidup, nah akhirnya kita ganti baterai dan juga quil kapalnya hidup dan bisa jalan, tapi cuma beberapa hari saja," ujar Kepala Kadishub LH kepada TRIBUNBATAM.id, Kamis (23/1/2020).

Setelah kapal roro tersebut bisa beroperasi beberapa hari, mesinnya pun mengeluarkan asap yang cukup banyak.

"Tak lama operatornya lapor ke saya lagi menjelaskan kondisi rusaknya itu seperti ini. Kemudian saya tanyakan ada tidak di sini mekanik yang bisa menyelesaikan kerusakan ini, nah mereka bilang ada dua orang mekanik yang bisa memperbaiki, ya cuma butuh waktu," terangnya.

Kerusakan Kapal Roro terjadi pada perut mesin sehingga mesin harus diganti.

Siswi SMK Anambas Diduga Jadi Korban Dibully, SMKN 2 Tanjungpinang Siap Terima Keinginan Pelajar

Sayangnya, mekanik yang asli orang daerah ini perlu waktu untuk melihat kerusakan mesin, diketahui bahwa mereka biasanya hanya bisa memperbaiki mesin Yamaha. Sedangkan mesin Kapal Roro itu mereknya adalah Hyundai.

"Tapi biasanya prinsip dasar mesin apapun itu mesinnya sama, cara kerjanya pasti sama, saya bilang ke mereka tolong sajalah mungkin mirip-mirip lah itu mesinya. Yang penting kapal ini bisa bagus dan bisa melayani masyarakat," kata Ekodesi.

Dikarenakan Kapal Roro MV Anambas 5 belum bisa mengangkut penumpang, Kadishub LH Ekodesi mengatakan sudah ada Kapal Roro pengganti yang merupakan kapal dari masyarakat yaitu Kapal Inkamina.

Untuk tarif yang dipatok Kapal Roro pengganti ini ialah Rp 20 ribu pulang pergi (PP), sedangkan untuk Kapal Roro yang sebelumnya hanya Rp 10 ribu PP.

"Nah kita ada kapal pengganti dari masyarakat, cuman yang tadinya roro induk itu ongkos transportasi Rp 5 ribu kalau PP jadi Rp 10 ribu, sekarang karena menggunakan kapal roro pengganti menjadi Rp 20 ribu PP," ungkapnya.

Pihaknya juga telah memberi arahan kepada anggota Dishub yang bertugas di Kecamatan Palmatak tersebut untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa ini merupakan kondisi darurat.

"Saya berharap masyarakat bersabar, karena saya juga sudah mengupayakan untuk kapal roro ini bisa diperbaiki dan dapat digunakan kembali seperti biasanya," katanya. (Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved