WASPADA VIRUS CORONA

Cegah Virus Corona, Otoritas Kesehatan Pelabuhan Perketat Pemeriksaan Kapal Asing ke Anambas

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang Wilayah Kerja Tarempa juga ikut mengantisipasi masuknya virus Corona ke Anambas.

Cegah Virus Corona, Otoritas Kesehatan Pelabuhan Perketat Pemeriksaan Kapal Asing ke Anambas
TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
Ratusan penumpang dari Tanjungpinang menuju Tarempa, Kepulauan Anambas tiba di pelabuhan Tarempa menggunakan kapal Ferry Seven Star Island, Senin malam (20/1/2020). Otoritas karantina kesehatan meningkatkan pengawasan antisipasi masuknya virus Corona ke Indonesia. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang Wilayah Kerja Tarempa juga ikut mengantisipasi masuknya virus Corona ke Anambas.

Lebih lanjut ia mengatakan, setiap ada kapal asing dari luar yang datang pihaknya akan langsung memeriksa.

Beberapa hari terakhir masyarakat Kepulauan Riau digegerkan dengan kabar wabah virus Corona yang berasal dari China sudah masuk ke Indonesia. 

Pasalnya Kepulauan Riau termasuk Batam, merupakan lintas para turis dari negara tetangga yang sering hilir mudik berkunjung ke Batam.

"Untuk antisipasi itu seperti yang biasa kita lakukan. Dari dulu kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap kapal dari wisatawan luar dengan mendeteksi temperatur mereka. Kami juga mendapat instruksi dari kantor induk di Tanjungpinang," kata Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang di Tarempa Dolianto, pada Jumat (24/1/2020).

"Kalau untuk masuknya wisman dari Bandara Letung misalnya, mereka kan dari Bandara Hang Nadim sudah diperiksa, kalau terinfeksi pasti tidak boleh berangkat kan," ucap salah satu Staff KKP Tanjungpinang di Tarempa, Yadi.

Mengingat wilayah Kepulauan Anambas ini merupakan tempat masuknya wisatawan dari luar menggunakan kapal pribadi, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang di Tarempa, mewajibkan setiap orang yang ada di kapal untuk melakukan pemeriksaan temperatur.

"Kalau mereka menolak ya kita suruh pergi, sebab kan kita punya aturan. Begitupun di negara mereka pasti punya aturan juga kan, kalau mereka mau di sini ya harus mau diperiksa," tegasnya.

Sejauh ini Kepulauan Anambas masih aman dari isu virus Corona. Namun antisipasi tetap terus dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarempa.

Jadi Atensi Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) untuk mengawasi secara detail indikasi penyebaran Virus Coronaatau Coronavirus atau Virus Corona di Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved