BATAM TERKINI

Sepanjang 2019, Investasi Asing di Batam Capai 359 Juta Dolar AS

Realisasi Investasi PMA di KPBPB Batam selama 2019 mencapai 359 juta dolar AS atau meningkat dibandingkan tahun 2018 yang hanya 326 juta dolar AS.

Sepanjang 2019, Investasi Asing di Batam Capai 359 Juta Dolar AS
squarespace
ilustrasi investasi 

Sepanjang 2019, Investasi Asing di Batam Sentuh 359 Juta Dolar AS

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui Penanaman Modal Asing (PMA).

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Dendi Gustinandar mengatakan, realisasi investasi di Batam terus mengalami peningkatan.

Beberapa investor asing atau Penanaman Modal Asing (PMA) menanamkan modalnya dan mulai membangun industri di Pulau Batam.

Realisasi Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam pada tahun 2019 meningkat tercatat sebesar USD359 juta dibandingkan Realisasi Investasi pada tahun 2018 sebesar 326 juta dolar AS.

“Total nilai invetasi yang telah tercatat berdasarkan data yang telah dihimpun oleh aplikasi Online Single Submission (OSS) melalui Direktorat Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, di tahun 2019 telah mencapai nilai lebih dari USD359 juta. Angka tersebut berasal dari 108 perusahaan yang menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak lebih dari 15.000 karyawan,” ujar Dendi, Jumat (24/1/2020).

Dendi melanjutkan, rincian dari nilai investasi baru sebesar 229 juta dolar AS lebih yang terdiri dari 83 perusahaan.

Nilai investasi baru ini menyerap 7.000 lebih tenaga kerja.

Sementara itu nilai perluasan investasi sebesar 130 juta dolar AS lebih, investasi baru ini berasal dari 25 perusahaan dan menyerap lebih dari 7.900 tenaga kerja.

Nasib Karyawan ATB Pasca Kontrak Kelola Air Tak Diperpanjang BP Batam, Begini Penegasan Rudi

Adapun sektor dari investasi baru meliputi Hotel dan restoran; Industri instrumen kedokteran, mesin, elektronik, peralatan listrik dan optik; Industri kayu; Industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, persisi, optik dan jam; Industri barang dari kulit dan alas kaki; Industri karet dan plastik; Industri karet, barang dari karet dan plastik.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved