Olah Kayu Hutan dari Pulau, Penyidik KLHK Segel 15 Ton Kayu di Dapur 12 Sagulung

Penyidik Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) menyegel gudang kayu di Dapur 12 Kelurahan Sei Pelenggut, Sagulung.

Olah Kayu Hutan dari Pulau, Penyidik KLHK Segel 15 Ton Kayu di Dapur 12 Sagulung
TribunBatam.id/istimewa
Gudang kayu di Dapur 12 Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepri disegel penyidik Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK), Minggu (26/1/2020). 
TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penyidik Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) menyegel gudang kayu di Dapur 12 Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Minggu (26/1/2020).
Ini dilakukan penyidik Gakkum KLHK setelah mendapat laporan dari Polisi Kehutanan KPHL unit II Batam.
"Penyegelan kami lakukan karena gudang tersebut melakukan pengolahan kayu bulat (kayu hutan) yang didatangkan dari pulau," kata Komandan Pos Gakkum Kepri, sekaligus Penyidik Gakkum KLHK untuk Kepri, Ramlan Siregar, Minggu (26/1/2020).
Ramlan menjelaskan saat tim datang ke lokasi, kondisi di dalam gudang tidak ditemukan kayu bulat.
Semua kayu menurutnya sudah diolah menjadi balok siap jual. "Yang kami temui saat tim ke lapangan hanya penjaga gudang," ucap Ramlan.
Pihaknya sedang mengembangkan mengenai pihak lain yang terlibat dalam pengiriman kayu bulat yang berasal dari pulau ini.
Dari laporan yang diterima, kayu didatangkan dari pulau menggunakan kapal pompong yang diturunkan ke pelabuhan rakyat di Dapur 12. Jumlah kayu yang disegel, menurutnya mencapai lebih kurang 15 ton.. 
 "Kami masih mencari pemilik gudang. Awalnya kami mendapat laporan ada kayu bulat yang masuk ke dalam gudang sebanyak 183 batang. Saat kami ke lokasi, kayu bulat itu sudah tidak ada. Yang ada kayu yang sudah siap olah," ungkapnya. 
Ramlan mengatakan, langkah tegas yang dilakukan menurutnya sudah dilaporkan ke Jakarta untuk ditindak lanjuti demi menyelamatkan hutan di Kepri.(Tribunbatam.id/Ian Sitanggang)
Penulis: Ian Pertanian
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved