Cegah Virus Corona Masuk Karimun, Imigrasi Perketat Pengawasan Warga Asing

Petugas Imigrasi mengawasi secara ketat Warga Negara Asing (WNA) yang masuk melalui Pelabuhan Tanjungbalai Karimun terkait virus corona

Cegah Virus Corona Masuk Karimun, Imigrasi Perketat Pengawasan Warga Asing
sciencealert.com
Waspada Virus Corona 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Petugas Imigrasi mengawasi secara ketat Warga Negara Asing (WNA) yang masuk melalui Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Hal ini disebabkan isu global terkait virus corona yang cukup menghebohkan dunia.

"Terkait virus corona, kita telah melakukan proses sebagai mana mestinya. Dengan melakukan pengawasan ketat di pelabuhan untuk mencegah," kata PLH Kepala Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Bayu Eka Permana, Senin (27/1/2020).

Namun meskipun demikian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun belum menambah personel di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi).

"Penambahan personel tekiat isu akan liat secara situsional. Untuk sekarang tidak ada kendala untuk kita perlu menambahkan personel. Tapi kita tetap waspada," sebutnya.

Ditambahkan Bayu, untuk saat ini belum ada kebijakan khusus yang diterapkan oleh pihak Imigrasi untuk mencegah WNA masuk ke Karimun.

"Sampai saa ini tidak ada kebijakan khusus dari pusat," ujarnya.

Selain petugas Imigrasi, seluruh instansi terkait di pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun juga bersiaga.

Dari pantauan tribunbatam.id di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, seluruh petugas yang berhubungan langsung dengan penumpang tampak bersiaga dengan memakai masker dan sarung tangan.

Diantaranya petugas Kesehatan Kawasan Pelabuhan (KKP) melakukan pemantauan suhu tubuh penumpang mnggunakan thermalscanner. Kemudian petugas Bea dan Cukai yang memeriksa barang bawaan penumpang.

Para penumpang kapal ferry yang tiba dari Negara Malaysia ataupun Singapura dipantau secara intensif oleh petugas.

Hingga saat ini belum ada ditemukan penumpang yang terpapar virus Corona di Kabupaten Karimun. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved