KPU Batam Terima 208 Berkas Pelamar PPK, Kecamatan Sekupang Terbanyak Pelamarnya

Sejumlah 208 warga kota Batam mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada di Batam.

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
KPU Kota Batam melaunching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batam bertempat di Grand Mall Batam pada Sabtu (11/1/2020). Sebanyak 208 warga Batam mendaftar sebagai anggota PPK untuk Pilkada Batam. 
BATAM,TRIBUNBATAM.id - Sejumlah 208 warga kota Batam mendaftarkan diri sebagai  calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan  Wakil Gubernur serta Wali kota dan Wakil Wali kota Batam 2020, Senin (27/1/2020).
Ketua KPU Kota Batam, Herri Agusti mengatakan, dari 12 kecamatan, Kecamatan Sekupang yang paling banyak mendaftar sebanyak 30 orang. 
Kemudian Sagulung 29 orang, Batam Kota 21 orang. Batu Aji 21 orang, Batu  Ampar 12 orang,  Belakang Padang 11.
Lalu Kecamatan Bengkong sebanyak 17 orang pelamar, Kecamatan Bulang 12 orang, Kecamatan Lubuk Baja 12 orang, Kecamatan Nongsa 16 orang, Kecamatan Sei Beduk 15 orang dan Kecamatan Galang sebanyak 12 orang.
Herrigen mengatakan, KPU Batam akan memverifikasi administrasi berkas pelamar setelah pendaftaran.
Bagi pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan diikutkan dalam seleksi tertulis.
KPU Kota Batam sebelumnya membutuhkan 60 anggota PPK dengan rincian masing-masing 5 orang per kecamatan sesuai amanat Undang-Undang.
Pendaftaran calon anggota PPK ini telah dibuka sejak tanggal 18 Januari 2020. Tapi ada beberapa kecamatan yang pendaftarnya masih minim yakni Batuampar, Belakangpadang, Bulang dan Galang juga Nongsa.
Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, akan diikutkan pada seleksi tes tertulis. Tes tertulis ini tentang tugas, wewenang dan kewajiban PPK, syarat dan penelitian dukungan pasangan calon kepala daerah perseorangan, teknis pemungutan suara, rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan pengetahuan kewilayahan.
"Untuk seleksi administrasi bagi yang lengkap pensyaratannya akan lulus setelah tes tertulis dan wawancara akan diambil 10 nama saja. Urutan nomor 1 sampai 5 yang akan dilantik menjadi PPK. Sedangkan urutan 6 sampai 10 adalah untuk calon pengganti atau PAW jika ada yg berhalangan," ungkapnya. 
Herrigen mengatakan, hanya berkas lengkap yang akan ikut seleksi selanjutnya yang memenuhi syarat saja.
"Kuota minimal 10 orang perkecamatan. Dan sesmua kecamatan sudah terpenuhi," ujarnya.(TribunBatam.id/Bereslumbantobing)
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved