Urus e-KTP dan Akta Kelahiran di Bintan Bisa Lewat Smartphone, Disdukcapil Akomodir Keluhan Warga

Pelayanan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) sudah beroperasi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan.

Urus e-KTP dan Akta Kelahiran di Bintan Bisa Lewat Smartphone, Disdukcapil Akomodir Keluhan Warga
TRIBUNBATAM/ALFANDI
Suasana saat Wakil Bupati Bintan, Dalmasri mengecek kondisi peralatan pelayanan di Kantor Pelayanan Disdukcapil Bintan yang baru di buka di kawasan Pemerintahan Bintan Buyu, Bintan. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Warga Bintan kini tak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan untuk mengurus administrasi data kependudukan.

Sebab, pelayanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) di Kantor Disdukcapil Bintan sudah beroperasi.

Kepala Disdukcapil Bintan, Ismail mengatakan, dengan aplikasi pelayanan Adminduk ini, segala bentuk dokumen kependudukan bisa diurus melalui ponsel pintar atau smartphone.

"Aplikasi ini sebenarnya sudah lama kita persiapkan untuk pelayanan adminduk berbasis online, karena itu kita segera luncurkan kemarin ketika peresmian gedung agar seluruh warga Bintan dapat mengurus semua surat menyurat kependudukan melalui handphone,” tuturnya, Minggu (26/1/2020).






Lanjutnya, pelayanan berbasis online ini ada berawal saat pihaknya mendengarkan keluh kesah warga ketika mengurus dokumen.

Dimana masyarakat yang bekerja terpaksa cuti dari kerja serta menempuh jarak puluhan kilometer (Km) hanya untuk mengurus e-KTP maupun akta kelahiran.

Disdukcapil Bintan Luncurkan Layanan Berbasis Online, Kini Punya Kantor Baru

Klaim Pelayanan Maksimal, Disdukcapil Bintan Bakal Punya 2 Kantor

Dengan keluhan yang diterima dari warga, maka lahirlah sebuah inovasi untuk mempermudah pengurusan adminduk bagi warga yaitu pelayanan berbasis online ini.

Hal ini dilakukan, karena memang letak geografis antar kecamatan dan kantor Disdukcapil sangat berjauhan.

Apalagi tempat tinggal warga tidak berada pada satu titik melainkan menyebar.

"Nah maka dari itu kita luncurkan inovasi ini, sehingga masyarakat dengan sistem online ini semuanya bisa jadi lebih mudah,"ungkapnya.

Ismail juga menambahkan, bahwa Aplikasi ini sedang uji coba dan sosialisasi ke seluruh desa, kelurahan dan kecamatan.

Halaman
12
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved