Pengacara Jakarta Puji Dishub Kota Ambon yang Gembok Mobil Dinas Polisi

Gembok di depan Xaverius ini, bunyinya positif. Warga akan bilang, mobil polisi saja digembok, apalagi mobil kita rakyat biasa,” ka

Pengacara Jakarta Puji Dishub Kota Ambon yang Gembok Mobil Dinas Polisi
dok_instagram
Abdul Haji Talaohu, pengacara kelahiran Ambon 

Pengacara Jakarta Puji Dishub Kota Ambon yang Gembok Mobil Dinas Polisi

 BATAM, TRIBUN-BATAM.id  — Aksi petugas Dinas Perhubungan Kota Ambon,  Provinsi Maluku, menggembok mobil dinas Polda Maluku, di Jl Pattimura, Kota Ambon, Selasa (28/1/2020) pagi, menuai pujian netizen dan warga.

Abdul Haji Talaohu (39), pengacara di Jakarta, menyebut penggembokan mobil  di Kota Ambon, adalah contoh penegakan hukum yang efektif.

“Gembok di depan Xaverius ini, bunyinya positif. Warga akan bilang, mobil polisi saja digembok, apalagi mobil kita rakyat biasa,” kata Ajis, pengacara kelahiran Pulau Haruku,  Maluku Tengah ini, saat dimintai komentar, Selasa (28/1/2020).

KOndisi mobil Polda Maluku yang digembok aparat dishub kota Ambon, Selasa (28/1/2020)
KOndisi mobil Polda Maluku yang digembok aparat dishub kota Ambon, Selasa (28/1/2020) (Foto_corrtesy_FB_Informasi_Maluku_chany)

Salah Parkir Mobil Polisi di Ambon Digembok Petugas Dishub Ini Faktanya

Sarjana hukum dari FH Unhas ini menyebut, langkah dishub tersebut menjadi pemandangan langka sekaligus pembuktian bahwa hukum di negeri ini  benar-benar masih bisa ditegakkan.

Ajiz  menyebut penindakan pelanggaran di jalan dan ruang publik bisa menjadi parameter tegaknya hukum warga dan aparat hukum di satu kawasan.

Jadi hukum itu bukan sekadar penindakan dan pemberi hukuman, melainkan juga menjaga ketertiban umum.

Menurutnya, jika pesan dari penindakan ini viral juga memberi citra positif bahwa di mata hukum, semuanya setara. “Equality before the law.”

Selama ini, jelas Ajis, persepsi bahwa dalam penegakan hukum hanya untuk rakyat kecil dan mereka yang lemah perlahan akan terkikis.

Halaman
123
Penulis: Aminudin
Editor: thamzil thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved