Dokter RSUP Ahmad Tabib Tanjungpinang Beberkan Cara Deteksi Penderita Virus Corona

Gejala terpapar virus Corona ternyata tidak jauh beda dengan penyakit pernafasan lainnya. Selain itu ada kontak dengan kondisi di Wuhan

Dokter RSUP Ahmad Tabib Tanjungpinang Beberkan Cara Deteksi Penderita Virus Corona
TRIBUNBATAM/ENDRA
dr. Fersia Iranita Liza sepesialis paru-paru yang juga sebagai dokter yang akan menangani pasien terduga virus corona. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gejala terpapar virus Corona ternyata tidak jauh beda dengan penyakit pernafasan lainnya.

Penderita mengalami demam, batuk, hingga sesak napas.

Itulah yang disampaikan oleh dr. Fersia Iranita Liza, dokter sepesialis paru-paru di RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang.

"Gejalanya seperti batuk, demam, lemas, sesak nafas. Jadi memang gejalanya hampir mirip dengan penyakit pernapasan lainya," katanya, Rabu (29/01/2020)

Namun, hal yang perlu menjadi tingkat kewaspadaan, bila gejala tersebut ditambah lagi usai berada di outbreak penyebaran virus tersebut.

"Tapi satu hal yang harus ditekankan adalah, pasien yang diduga kuat terkena virus corona harus ada kontak, atau baru saja traveling dari lokasi outbreknya di China itu," tegasnya.

Disampaikannya, dugaan yang menjadi utama lagi bila pasien dengan gejala penyakit pernafasan tersebut sudah selama 14 hari di Provinsi Whuan, China tersebut.

"Inilah yang menjadi sangkaan kuat terpapar virus corona itu," katanya.

Ia menyampaikan, tidak hanya itu pula, bila negara di luar China yang sudah masuk virus tersebut juga menjadi kewaspadaan.

"Kan sudah ada beberapa negara yang positif warganya terpapar virus ini. Nah, kalau ada pasien kontak dengan yang terpapar bisa kemungkinan terkena juga," ujarnya.

"Seperti di Singapura yang informasinya telah lebih dari 3 pasien positif. Ini perlu menjadi kewaspadaan kita, karena sangat dekat dengan Kepri juga," ucapnya.(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved