VIDEO - Sisi Jalan Simpang BNI hingga Underpass Batam Bakal Dibangun Taman Pohon Tabebuya

Pemko Batam akan membangun taman di sisi kanan dan kiri jalan mulai dari Simpang BNI hingga Underpass dalam 2020 ini.

BATAM, TRIBUNBATAM.idPemko Batam akan membangun taman di sisi kanan dan kiri jalan mulai dari Simpang BNI hingga Underpass dalam 2020 ini.

Menariknya disepanjang taman akan ditanami pohon tabebuya.

"Dari simpang BNI menuju Underpass saya sudah design kiri kanannya akan ada taman. Kalau pernah ke Surabaya ada pohon tabebuya, ruas jalannya pas," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Rabu (29/1/2020).

Diakuinya ruas jalan tersebut memang milik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Namun karena anggaran Provinsi Kepri tak cukup, sebagian anggaran pembangunan ruas jalan tersebut akan dibantu oleh anggaran Kota Batam.

"Itu jalan provinsi, saya minta ke Gubernur dulu sama Pak Nurdin Basirun tapi katanya uang tak cukup banyak maka minta dari kota," ujar Rudi.

Sehingga yang mendesign jalan tersebut nantinya Rudi sendiri. Ia meminta pergeseran median jalan di simpang kuda karena terlalu kanan. Jalan tersebut akan berbentuk lurus.

"Yang design jalan Muhammad Rudi bukan kepala Dinas Binamarga," ujarnya.

Median jalannya ini, kata Rudi, akan dijadikan taman bunga yang cukup besar sampai 10 meter keatas. Sehingga bisa ditanami bunga tabebuya.

"Saya akan kumpulkan semua pengusaha kita tawari ke mereka. Kita berikan gambarnya. Mau pakai uang apa terserah mereka," kata Rudi.

Selain itu, simpang 3 Patung Kuda itu juga akan diperbaiki. Di sana nantinya akan ada bundaran.

"Dan akan dibuka sehingga bisa putar balik dan ada bundaran di tengah-tengah," sebutnya.

Tak sampai situ, 2020 ini wilayah kantor BP ini, tepatnya jalan yang berada di depan kantor akan dilebarkan. Sehingga nantinya dari bundaran madani akan tembus semua jadi bagus.

Rudi menambahkan pembangunan jalan ini, mulai dari tamannya, mediannya, drainase menjadi tanggung jawab Pemko Batam. Provinsi hanya membuka jalan dan aspal saja.(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved