4 WNI Tolak Dievakuasi dari Wuhan, 1 Mahasiswi Diobservasi di RS Mulai Tunjukan Suhu Badan Normal

Empat WNI menolak dievakuasi dari Wuhan, 1 Mahasiswi Diobservasi di RS SOlo Mulai menunjukan suhu badan normal

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah WNI yang berasal dari Wuhan, China turun dari pesawat Batik Air di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 WNI dipulangkan dari Wuhan, China dikarenakan munculnya virus Corona di Provinsi Hubei tepatnya di Kota Wuhan, China 

#4 WNI Tolak Dievakuasi dari Wuhan, 1 Mahasiswi Diobservasi di RS Mulai Tunjukan Suhu Badan Normal

TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 243 orang warga negara Indonesia (WNI) berhasil dipulangkan dari Wuhan, China ke tanah air.

Berdasarkan data, seharusnya WNI yang masuk dalam daftar pemulangan dari Wuhan, China ke tanah air ada 250 orang.

Keterangan Resmi Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan, ada 4 WNI memilih tetap tinggal di Wuhan.

Dari 4 orang WNI tersebut, 3 orang tidak bisa pulang alasanny karena keluarga dan tiga WNI lainnya tidak dapat memenuhi persyaratan terbang ke Indonesia.

"Pada proses menjelang kepulangan, terdapat empat WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Tiongkok karena alasan keluarga dan tiga WNI tidak dapat memenuhi persyaratan kesehatan untuk terbang," sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri pada Minggu (2/1/2020).

Sementara itu, dari 243 orang yang berhasil dipulangkan ke tanah air  terdiri dari 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, seorang WNA yang merupakan suami dari seorang WNI, serta lima anggota Tim Aju KBRI Beijing. 

"Sesuai protokol kesehatan, seluruh penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan berlapis baik yang dilakukan otoritas kesehatan RRT maupun Tim Dokter Indonesia di Bandara Internasional Wuhan," sebagaimaba dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri.

Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh penumpang dalam keadaan sehat.

Saat transit di Batam dan sebelum dipindahkan ke pesawat TNI AU, seluruh penumpang kembali menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam dan dinyatakan seluruhnya dalam kondisi sehat.

KBRI Beijing terus menjalin komunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan berkoordinasi dengan pihak asrama universitas serta otoritas RRT untuk memastikan kondisi dan kebutuhan yang mereka perlukan.

Kementerial Luar Negeru juga telah menghubungi keluarga masing-masing di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Aminudin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved