VIRUS CORONA

Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR, Kemenkes Identifikasi 19 Daerah di Indonesia Rawan Virus Corona

Daerah yang teridentifikasi rawan virus corona oleh Kemenkes ini, yang memiliki akses langsung dari dan menuju China baik lewat laut maupun udara.

Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr Terawan Agus Putranto. Dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (3/2/2020), Kementerian Kesehatan mengidentifikasi 19 daerah di Indonesia yang rawan virus Corona. 

JAKARTA,TRIBUNBATAM.id - Kementerian Kesehatan merilis ada 19 daerah di Indonesia yang teridentifikasi rawan virus corona.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (3/2/2020), Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkapkan belasan daerah itu merupakan wilayah yang memiliki akses langsung dengan China.

"Telah diidentifikasi 19 daerah berisiko yang memiliki akses langsung dari dan ke Tiongkok baik melalui darat laut dan udara," katanya di ruang Rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta seperti dilansir Tribunnews.com.

Meski terbilang rawan, pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder lain dalam melakukan langkah dalam mencegah akses pintu masuk penyebaran virus Corona.

"Upaya deteksi dini yang saat ini adalah upaya cegah tangkal di pintu masuk negara. Tersedia dan berfungsinya sudah dilakukan pengecegahan dengan 195 thermal scanner di 135 pintu masuk negara," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah tidak hanya melakukan persiapan cegah-tangkal di jalur darat, laut dan udara semata.

Namun, persiapan logistik untuk mencegah masuknya virus Corona juga dilakukan, di antaranya penyediaan thermal scanner, masker n-95, hingga APD.

Bukan hanya itu, pihaknya juga menyiapkan 100 rumah sakit yang telah berpengalaman sebagai rumah sakit rujukan virus flu burung.

"Kesiapan rumah sakit rujukan penyakit infeksi emerging perlu dilakukan maping ulang karena 100 RS rujukan flu burung ini ditetapkannya pada 2007. Jadi perlu cek dan recheck semuanya," kata Terawan.

Terbitkan Surat

Halaman
1234
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved