Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Abdul Haris Hadiri Rakor Nasional BNPB, Presiden Jokowi Minta Daerah Susun Penanggulangan Bencana

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH menghadiri rapat koordinasi nasional BNPB, di Sentul International Convention Centre, Selasa (4/2/2020).

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Dokumentasi Humas dan Protokol Setdakab Anambas
Bupati Anambas, Abdul Haris menghadiri rakor nasional BNPB di SICC, Selasa (4/2/2020). 

ANAMBAS,TRIBUNBATAM.id - Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH menghadiri rapat koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), di Sentul International Convention Center (SICC), Selasa (4/2/2020).

Rapat koordinasi tersebut diikuti seluruh Bupati dan Walikota se-Indonesia, Gubernur se-Indonesia, BPBD se-Indonesia, PMI, Basarnas, Pramuka, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) serta TNI Polri.

Acara itu dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan pesan kepada seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) di Indonesia untuk menyusun rencana secara kontijensi.

"Saya harap seluruh BPBD se-Indonesia menyusun rencana secara kontijensi, membuat tata ruang berbasis bencana, melakukan pendekatan kolaboratif (pentahelix) bersama masyarakat dan stakeholder," pesannya pada penyampaian pidato kepada seluruh tamu yang hadir.

Peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan bersinergisitas baik itu di TNI Polri, pusat maupun daerah, menurutnya menjadi hal yang tidak kalah penting dalam meminimalisir dampak korban terkait potensi bencana alam di daerah masing-masing.

Potensi Bencana di Anambas

Potensi tanah longsor mengintai pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Ibrahim Sattah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri Kamis (1/8/2019).

Belum ada langkah nyata dari pihak terkait untuk mengatasi bukit bermaterial tanah yang kian tergerus itu.

Posisi bukit itu persis berada di samping jalan raya.

Hanya ada tumpukan karung bekas yang ditumpuk jajaran anggota Kepolisian Resort (Polres) Anambas bersama instansi terkait pada Juni 2019 lalu.

Dari arah Tarempa, terlihat tanda yang dipasang oleh Polres Anambas kepada pengendara sepeda motor agar selalu berhati-hati ketika melintas di titik lokasi tersebut.

Bentuk jalan yang menurun dari Tarempa, memang mengharuskan pengendara sepeda motor untuk ekstra hati-hati.

Persis di tepi jalan, material tanah menutupi aspal.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved