ANAMBAS TERKINI

Tolak Nelayan Pantura Pakai Cantrang, Besok HSNI Bakal Gelar Aksi ke Gedung Dewan Anambas

Seluruh nelayan dan masyarakat akan mendatangi gedung DPRD Kepulauan Anambas, Kamis (6/2/2020) menolak nelayan Pantura yang menggunakan cantrang.

Tolak Nelayan Pantura Pakai Cantrang, Besok HSNI Bakal Gelar Aksi ke Gedung Dewan Anambas
Tribun/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi nelayan Anambas 

Tolak Nelayan Pantura Pakai Cantrang, Besok HSNI Bakal Gelar Aksi ke Gedung Dewan Anambas

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas yang tergabung di dalamnya seluruh nelayan dan masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah terkait nelayan Pantai Utara (Pantura) Jawa di Laut Natuna Utara.

"Kami mengajak seluruh nelayan dan masyarakat untuk bersama-sama hadir di gedung DPRD Kepulauan Anambas, Kamis (6/2/2020) pukul 10.00 WIB, untuk menyampaikan aspirasi penolakan kapal Pantura dengan alat tangkap ikan cantrang," ujar Dedi Syahputra sekretaris HNSI melalui sambungan seluler, Rabu (5/2/2020).

Kedatangan HSNI ke DPRD Kepulauan Anambas untuk memperjuangkan nasib nelayan dan perekonomian masyarakat yang bergerak di perikanan.

"Kami ingin nanti saat menyampaikan aspirasi kepada perwakilan rakyat, mereka bisa menuntaskan persoalan dan menyatakan menolak terhadap nelayan cantrang," tegas Dedi.

Ia yang telah lama bergelut di dunia perikanan dan kelautan mengaku, penangkapan ikan cantrang itu dapat merusak ekosistem laut.

Tak hanya itu, masyarakat Kepulauan Anambas yang mata pencahariannya sebagian besar nelayan juga ikut terancam.

Meningkatkan UMKM Anambas, Pemkab Anambas Gandeng Tokopedia

Sebelumnya HSNI juga pernah mengadakan aksi di pasar Ikan Tarempa terkait persoalan nelayan.

Saat ini yang menjadi persoalan dan tuntutan para nelayan yang di Anambas ialah menolak keberadaan kapal-kapal di atas 30 Gross Tonnage (GT) dengan alat penangkapan ikan pursen seine yang sering melakukan pelanggaran zona tangkap. (Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved