BATAM TERKINI

Air Bersih Kota Batam Terancam, BP Batam Prediksi Kemarau Panjang di Februari

Manajer Air Baku, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Hadjad Widagdo menyampaikan, bulan Februari menjadi bulan yang berat bagi Kota Batam.

Air Bersih Kota Batam Terancam, BP Batam Prediksi Kemarau Panjang di Februari
ist
Foto Tangkapan Udara Waduk Duriangkang. Dari laporan yang diterima BP Batam, kemarau panjang diprediksi terjadi pada bulan Februari. 

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Ketersediaan air bersih di Kota Batam menipis. Manajer Air Baku, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Hadjad Widagdo menyampaikan, bulan Februari menjadi bulan yang berat bagi Kota Batam.

Dari laporan yang diterima oleh BP Batam, pada bulan ini diprediksi terjadi kemarau panjang.

Seperti diketahui, curah hujan menjadi sumber ketersediaan air baku di Kota BPadahal curah hujan merupakan antisipasi penyediaan air baku di Kota Batam.

"Kami sedang mencari solusi dengan memanfaatkan semua sumber daya alam yang ada. Ini akan sama-sama kita manfaatkan sebagai upaya kita mengelola sumber air yang ada dan tentunya untuk kepentingan masyarakat Batam dan Industri,” ujarnya, Minggu (9/2/2020).

Kepala Balai Stasiun Meteorologi Kelas 1 Batam, I Wayan Mustika mengakui, intensitas hujan diprediksi akan minim pada bulan Februari.

Hal ini dikarenakan faktor arah angin yang kuat bertiup dari arah utara sehingga uap air yang berada diatas permukaan Kepulauan Riau (Kepri) terbawa oleh angin tersebut.

"Yang mempengaruhi pada Februari ini khususnya adalah angin. Kalau arah angin itu bertiup sangat kuat dari utara menyebabkan uap air di atas permukaan Kepri menjadi titik air yang dibawa ke selatan dan di selatan itu dia berkumpul menjadi hujan. Sehingga hujannya banyak terjadi didaerah Jawa dan barat daya Sumatra,” tuturnya.

Ia menambahkan apabila menjadi bulan terkering, namun Batam akan mengalami curah hujan walaupun sedikit. Untuk itu, dalam rangkaian sosialisasi yang dihelat mulai hari ini.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat Kota Batam dapat melakukan penghematan dalam pengguanaan air bersih. Demi menjaga ketersediaan stok air bersih di Batam.

"Harapannya diawal Maret curah hujan sudah kembali ke normalnya,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved