BATAM TERKINI

Kepri Dapat Predikat BB, Rapor Akuntabilitas 2019 dari Kementerian PAN RB

Tjahjo Kumolo menyampaikan Implementasi SAKIP yang dilaksanakan setiap pemerintah daerah tidak hanya untuk kepentingan daerah itu sendiri

Kepri Dapat Predikat BB, Rapor Akuntabilitas 2019 dari Kementerian PAN RB
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA Humas Kemenpan RB
Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah I Tahun 2019 oleh Kemenpan RB diadakan di Batam pada Senin (10/2/2020). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Apresiasi dan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah I Tahun 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) diadakan di Batam pada Senin (10/2/2020), di Hotel Radisson Batam.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan setiap pemerintah daerah tidak hanya diperuntukan bagi kepentingan daerah itu sendiri, melainkan juga harus dapat langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

"Artinya, pemerintah harus menjamin bahwa setiap rupiah yang digunakan untuk membiayai program dan kegiatan harus memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, utamanya meningkatkan kesejahteraan,” ujar Tjahjo Kumolo.

Ia melanjutkan, pihaknya mendorong instansi pemerintah untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.







"Tidak semata-mata rutin tetapi ada efektivitas dan efisien. Saya kira semua daerah yang belum mendapatkan predikat C sekarang mulai mendapatkan C dan yang C menjadi B dan yang B menjadi A. Kalau sampai A maka akan ada dana subsidi alokasi dari kementerian keuangan," ujarnya.

Tetapi menurut mantan Mendagri itu, proses untuk mendapatkan predikat A tidaklah mudah dengan berbagai kriteria seperti mendapatkan BTP dari BPK RI, dana alokasi dari pemerintah pusat habis atau tidak.

Pengelola Apartemen dan Hotel di Batam Diminta Ikut Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Menpan RB Kecewa dengan Pelayanan Hotel Radisson Batam, Ini Tanggapan Pihak Hotel

"Presiden ingin melakukan reformasi birokrasi yang salah satunya membangun tata kelola pemerintah yang melayani masyarakat dan ASN kerjakan, ada output menghasilkan," ujarnya.

Khusus wilayah I yang meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat, di tahun 2019 masih terdapat 75 kabupaten/kota dengan predikat C dan CC, 76 kabupaten/kota berpredikat B, 21 kabupaten/kota berpredikat BB dan dua kabupaten/kota berpredikat A.

Berikut adalah daftar daerah yang mendapatkan predikat A dan BB:

Predikat SAKIP A Wilayah I
1. Provinsi Jawa Barat
2. Kabupaten Lebak
3. Kabupaten Serang

Predikat SAKIP BB Wilayah I:
1. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
2. Provinsi Kepulauan Riau
3. Provinsi Sumatra Barat
4. Provinsi Sumatra Selatan
5. Kabupaten Bangka
6. Kabupaten Bangka Tengah
7. Kabupaten Tangerang
8. Kabupaten Pandeglang
9. Kabupaten Batanghari
10. Kabupaten Humbang Hasundutan
11. Kabupaten Samosir
12. Kabupaten Karimun
13. Kabupaten Natuna
14. Kabupaten Muara Enim
15. Kabupaten Bandung
16. Kabupaten Garut
17. Kota Tanjung Pinang
18. Kota Lubuk Linggau
19. Kota Bukittinggi
20. Kota Payakumbuh
21. Kota Padang
22. Kota Bogor
23. Kota Tasikmalaya
24. Kota Sukabumi
25. Kota Bandung

(TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved