BATAM TERKINI

Begini Tahapan Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Batam, Target Aktivitas Bongkar Muat Naik

Saat ini aktivitas bongkar muat maksimal 300 sampai 400 ribu pertahun, targetnya akhir tahun bisa meningkat sampai 600 ribu sampai 800 ribu.

Begini Tahapan Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Batam, Target Aktivitas Bongkar Muat Naik
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya gandeng perusahaan bongkar muat dalam peningkatan aktivitas di Pelabuhan Batu Ampar, Rabu (12/2/2020). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Ada beberapa tahapan dalam pengembangan Pelabuhan Batu Ampar yang dilakukan oleh Pelindo II. Pertama fase revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar dan kedua fase pengembangan.

"Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar ini terdiri atas pembenahan infrastruktur termasuk kedalaman kolamnya. Apa dampak dari revitalisasi di bidang infrastruktur," ujar Direktur Utama PT. Pelindo II, Elvyn G. Masassya saat melangsungkan konfrensi pers di Bida Marketing BP Batam, Rabu (12/2/2020).

Diakuinya selama ini kedalaman kolam Pelabuhan Batu Ampar lebih kurang 4 sampai 10 meter. Kedalaman ini membuat kapal-kapal yang besar tidak bisa datang. Karena tidak bisa datang, tentu barang-barang yang keluar masuk juga lebih sedikit.

"Kami akan melakukan pendalaman kolam tersebut menjadi sekitar 12 meter. Sehingga kapal-kapal yang lebih besar bisa datang," ujarnya.







Kedua, fase pengembangan. Pihaknya bersama-sama dengan BP Batam melakukan standarisasi dari sisi terminal, akan menempatkan peralatan sehingga produktivitasnya lebih baik. Merapikan tempat penumpukkan kontainer dan merapikan akses.

"Dengan cara ini, tentu kapal-kapal lebih mudah datang, bongkar muat lebih mudah, daya saing logistik kita lebih baik.

TOLAK Pelindo II Kelola Pelabuhan Batuampar, Asosiasi Pengusaha Pelabuhan Ancam Hentikan Operasional

BIDIK Kapal Besar, BP Batam Bakal Keruk Alur Laut Pelabuhan Batu Ampar Batam

Kami juga akan menempatkan sistem. Kalau sekarang yang dibongkar maksimal 300 sampai 400 ribu pertahun insyaalah akhir tahun bisa meningkat sampai 600 ribu sampai 800 ribu.

Bukan dikerjakan sepenuhnya oleh Pelindo 2, bersama-sama dengan peusahaan bongkar muat yang lain," katanya.

Fase pengembangan bukan program jangka pendek. Posisi Batam yang strategis dalam jangka panjang diharapkan mampun jadi pintu masuk dan pintu keluar di Indonesia.

"Kalau sudah berhasil tak lerlu lagi singgah ke Singapura," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved