PUNGLI DI BINTAN

Tim Saber Pungli Bakal Panggil Dishub Bintan Terkait Dugaan Praktik Pungli di Tanjung Uban

Lima orang juru parkir yang diringkus Tim Satgas Saber Pungli Polres Bintan ternyata oknum sebuah ormas di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Tim Saber Pungli Bakal Panggil Dishub Bintan Terkait Dugaan Praktik Pungli di Tanjung Uban
TribunBatam.id/Istimewa
Tim Saber Pungli melakukan rapat koordinasi dalam upaya pencegahan pungli dengan kantor Inspektorat Bintan, Kamis (13/2/2020). Tim Saber Pungli menyerahkan dugaan praktik pungli ke APIP. Pihaknya berencana memanggil Dishub terkait pengembangan kasus ini. 

BINTAN,TRIBUNBATAM.id - Lima orang juru parkir yang diringkus Tim Satgas Saber Pungli Polres Bintan ternyata oknum sebuah ormas di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Kelimanya diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di dua titik di Kecamatan Bintan Utara, Senin (10/2/2020) kemarin.

Selain di kawasan pelabuhan speedboat Bulang Linggi, kelimanya diduga melakukan praktik pungutan liar di area Pasar Baru Tanjung Uban.

Tidak hanya oknum ormas, anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bintan bakal dipanggil penyidik untuk diperiksa penyidik Tim Saber Pungli Polres Bintan.

Ketua Pokja Penindakan Tim Saber Pungli, AKP Agus Hasanuddin menuturkan, pemeriksaan akan terfokus terkait kerja sama antara Dishub Bintan dan ormas soal pengelolaan area parkir.

"Dalam waktu dekat (Dishub) akan kami panggil terkait retribusi parkir, Perdanya, nota kesepakatan antara ormas tersebut dengan Dishub," ujarnya, Kamis (13/2/2020).

Kasat Reskrim Polres Bintan itu menyebutkan, dari pemeriksaan sementara, oknum pimpinan anak cabang ormas di Tanjung Uban itu diduga memungut parkir tanpa memberikan karcis.

Polisian menduga kuat ada tindakan pungli kepada masyarakat yang membawa kendaran di area tersebut.

"Saat kami periksa, mereka menyebutkan bahwa ada MoU dengan Dishub terkait retribusi parkir itu. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk meminta penjelesan dari pihak Dishub mengenai hal ini," katanya.

Agus mengatakan, penanganan perkara ini akan diserahkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved