BATAM TERKINI

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Promosi Kuliner Daerah Asam Pedas Ikan Dingkis

Kegiatan memasak bersama istri Wali Kota Batam, Muhamad Rudi ini merupakan gagasan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Promosi Kuliner Daerah Asam Pedas Ikan Dingkis
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA Disbudpar Batam
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengolah ikan dingkis menjadi ikan dingkis asam pedas khas masakan Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengolah ikan dingkis menjadi ikan dingkis asam pedas khas masakan Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020).

Kegiatan memasak bersama istri Wali Kota Batam, Muhamad Rudi ini merupakan gagasan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam untuk mengenalkan masakan khas Melayu kepada masyarakat Kota Batam.

Adapun lokasi masaknya berada di Harris Resort Barelang. Pemandangan lautan biru dan Jembatan Barelang salah satu ikon Kota Batam menambah suasana yang berwarna dan berkesan.

Marlin mengatakan ikan dingkis merupakan jenis ikan yang unik. Ikan ini hanya bertelur menjelang perayaan Imlek. Ikan dingkis ini memiliki citarasa yang enak. Jadi dimasak apapun makin nikmat.






"Ikan dingkis disebut ikan Imlek bagi yang merayakan Imlek, ikan ini ikan keberuntungan. Momen Imlek di sini (Kota Batam) wajib ada ikan dingkis," katanya.

Edisi masak kali ini, Marlin memasak ikan asam pedas khas Kepri. Bahannya ada cabai merah, terasi, bawang merah, bawang putih. Bisa ditumbuk atau diblender sampai halus. Untuk memudahkan sebaiknya dipotong terlebih dahulu.

WASPADA Corona, Belasan TKA China Dikarantina di Batam

Dari 1.100 IKM di Batam, Baru 59 Diantaranya Dapat Fasilitas Bebas Bea Masuk

"Khas Kepri biasanya dicampur cabai kering keriting," terangnya.

Sebelum menumis bumbunya, tumis bawang merah dan putih sehingga rasanya makin enak. Lalu tambahkan sedikit kunyit supaya warnanya kekuningan.

Menumis bumbu, Marlin menyarankan tidak banyak menggunakan minyak karena karakter ikan dingkis sudah mengeluarkan minyak. Disamping juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk ikannya, walaupun tidak ada sisik ikan, Marlin menyarankan untuk membersihkan ikannya sampai bersih sehingga bau amis ikan berkurang. Lalu ikannya diberikan irisan jeruk nipis atau lemon. Bawang yang ditumis sudah kekuningan, masukkan bumbu halus sesuai dengan selera. Aduk sampai wangi lalu masukan air asam jawa dan ikannya.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved