BATAM TERKINI

Ini Jawaban Wali Kota Batam, Ditanya Penertiban Angkutan Umum Tak Laik Jalan

Rudi mengatakan uji KIR ada di Dishub Kota Batam. Apabila ditindak kendaraan yang mati KIR, harus dipikirkan juga bagaimana peralihannya

Ini Jawaban Wali Kota Batam, Ditanya Penertiban Angkutan Umum Tak Laik Jalan
TRIBUN ISTIMEWA
Wali Kota Batam, Rudi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rencana Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mensterilisasikan angkutan umum yang tak laik jalan 2025 mendatang sudah mulai berjalan prosesnya. Salah satunya dengan pelebaran jalan di beberapa titik Kota Batam, yang dirancang 5 lajur.

"Kenapa harus 5 lajur? Supaya pembagian untuk kendaraan ini jelas," tegas Rudi di Balairungsari BP Batam Lantai 3, Rabu (19/2/2020).

Misalnya, 3 lajur diperuntukkan untuk kendaraan roda 4 semua, kecuali bus. Nah lajur ke 4, khusus untuk bus tunggal atau bus umum. Jadi tak boleh untuk kendaraan lain. Sedangkan lajur ke 5 untuk khusus untuk bersepeda.

"Kalau ini terjadi maka bus-bus baru tak banyak masuk. Kalau banyak masuk, Bimbar akan ditinggali orang. Kenapa banyak memilih naik Bimbar? Mungkin karena lebih murah, banyak trayeknya. Mau kemana saja diantar, jalur rusakpun diantar. Kalau bus mana bisa," katanya.







Rudi berharap 2025 mendatang, seluruh titik jalan hingga Sagulung dan Tanjung Uncang bisa selesai semua. Salah satunya dengan meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Lantas apa solusi jangka pendek? Rudi mengatakan uji KIR ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam. Apabila ditindak kendaraan yang mati KIR, harus dipikirkan juga bagaimana peralihannya.

Layani Penumpang, INI Sejarah Bimbar di Batam, Pernah Beberapa Kali Ganti Direksi

WARGA Desak Pemerintah Scrap Bimbar, Ini 3 Catatan DPRD Batam Bagi Angkutan Umum Sebelum Beroperasi

"Ini yang harus kita dudukkan. Kalau seluruh sopir ini mau bekerja di sampah saya kasih hari ini semua. Dia mau tidak? Mau tak disuruh angkat-angkat nanti sakit pinggang. Ini yang harus kita dudukkan. Kita selesaikan secara perlahan," katanya.

Rudi menegaskan kepada Dishub, jika angkutan umum sudah tak laik jalan, jangan lagi diperpanjang KIR-nya.

Berapa Jumlah Angkutan Umum Laik Jalan di Batam?

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendy mengatakan di Batam memiliki 2 trayek angkutan. Diantaranya trayek utama dan trayek cabang

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved