Lacak Buronan KPK Harun Masiku, Tim Gabungan Pemeriksa Perlintasan Keimigrasian Periksa Rekaman CCTv

Buronan KPK, Harun Masiku tidak melewati jalur khusus saat tiba di Indonesia melalui Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta.

Lacak Buronan KPK Harun Masiku, Tim Gabungan Pemeriksa Perlintasan Keimigrasian Periksa Rekaman CCTv
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Tim Gabungan Pemeriksa Perlintasan Keimigirasian saat menguraikan temuannya di Gedung Ditjen AHU Kemenkumham, Jakarta, Rabu (19/2/2020) 

JAKARTA,TRIBUNBATAM.id - Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku tidak melewati jalur khusus saat tiba di Indonesia melalui Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Selasa (7/1/2020) lalu.

Hal ini disampaikan tim gabungan pemeriksa perlintasan keimigirasian di Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Anggota tim gabungan pemeriksa perlintasan keimigirasian Syofian Kurniawan mengatakan, Harun Masiku sempat mengecap paspornya di pintu kedatangan Imigrasi.

"Berkenaan dengan CCTv tim melakukan pemeriksaan juga terhadap CCTv di Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan rekamam CCTv tanggal 7 Januari 2020 pukul 17.33.49, Harun Masiku selesai mencap paspor. Saudara Harun Masiku masuk ke Indonesia melalui pintu kedatangan imigrasi," ujar Syofian yang menjabat Kasi Penyidikan Kemenkominfo seperti dilansir Tribunnews.com.

Syofian mengatakan berdasarkan rekaman kamera pengawas CCTv, Harun Masiku sempat pergi ke toilet Terminal 2F Bandara Soetta.

"Kemudian ada proses setelah dari toilet. Saudara Harun Masiku berdasarkan CCTv tidak melalui jalur khusus, tapi melalui kedatangan Imigrasi sebagaimana mestinya," katanya.

Dia menegaskan petugas Imigrasi yang mengecap paspor Harun Masiku telah diperiksa tim gabungan.

Menurutnya, petugas tidak mengetahui dia merupakan Harun Masiku.

"Melakukan pemeriksaan terhadap individu tersebut. Namun dikarenakan dalam satu hari orang yang melintas banyak, yang bersangkutan tidak hafal atau tidak kenal saudara Harun Masiku. Benar Harun Masiku melewati konter kedatangan terminal 2F," ujar Syofian.

Ada 120 Ribu Orang Masuk ke Indonesia Tak Tercatat Imigrasi

Halaman
12
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved