Kemarau Mulai Landa Karimun, Polsek Meral Bagi-bagi Air

Kemarau sudah melanda Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sejak dua hingga tiga bulan terakhir.

Kemarau Mulai Landa Karimun, Polsek Meral Bagi-bagi Air
TRIBUNBATAM/ADIF
Personel Polsek Meral mengisi air ke dalam ember milik warga. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kemarau sudah melanda Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sejak dua hingga tiga bulan terakhir.

Jarang turun hujan membuat sumur-sumur warga di Karimun mengering.

Bahkan di daerah Moro dan Kundur, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun telah menghentikan penyaluran ke pelanggan akibat keringnya waduk sumber air baku.

Hal yang sama juga terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Karimun Besar. Seperti yang dialami warga di Lembah Permai, RT 02 RW 02, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat.

Keadaan tersebut membuat warga kesulitan dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan air bersih. Baik untuk minum, memasak, mandi dan mencuci.

Karena kondisi ini, Babhinkamtibmas Kelurahan Darussalam membuat ide untuk membagi-bagikan air bersih kepada warga.

Setelah berkoordinasi dengan Kapolsek Meral, AKP Doddy Santosa Putra, kegiatan membagikan air bersih pun dilakasanakan.

"Yang memiliki ide ini adalah Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam Bripka Samson," kata Doddy, Kamis (20/2/2020).

Sebanyak tiga personil Polsek Meral, yakni Aipda Sudianto, Bripka Samson Tarigan, Bripka Baktiar turun membagikan air bersih pada warga. Selain itu dua siswa Sekolah Kepolisian Negara (SPN) yang sedang melaksanakan pelatihan kerja (latja) Firlan dan Dwi juga ikut membantu.

Bantuan air bersih dibawa menggunakan mobil pick up. Setidaknya air bersih yang dibagi-bagikan pada kegiatan itu sebanyak 5.000 liter. Warga yang senang segera menampung air menggunakan ember dan derigen.

Setelah melihat kondisi warga, Doddy mengatakan warga Lembah Permai sangat mengharapkan bantuan air bersih. Bahkan warga juga mengharapkan kegiatan pembagian air bersih dapat terus berlanjut hingga musim kemarau berakhir.

"Kita ingin membantu masyarakat yang kekurangan air bersih. Memang musim kemarau sedang melanda Kabupaten Karimun," ujarnya.

Selain itu Doddy juga berharap para siswa SPN Polda Kepri yang menjalani latja di Polsek Meral dapat belajar sebagai pengayom masyarakat.

"Tujuan kita juga meningkatkan kedekatan antara polisi dan masyarakat," ucapnya. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved