PILKADA KARIMUN

KPU Karimun Belum Terima Pendaftaran Calon Jalur Independen, Ustaz Syarifuddin El Makky Batal Nyalon

Ustaz Syarifuddin El Makky mengatakan, para relawannya kesulitan mengumpulkan persyaratan untuk maju melalui jalur independen.

TRIBUNBATAM.id/ELHADIF PUTRA
Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Hingga dua hari dibukanya pendaftaran jalur perorangan atau independen oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, belum ada calon yang mendaftar.

Diketahui, pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun periode 2021-2024 mulai dibuka sejak Rabu (19/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020).

"Belum ada yang mendaftar sampai sekarang. Sesuai ketentuan, kita tunggu sampai tanggal 23 pukul 12 malam," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Kamis (20/2/2020).

Sebelum masa pendaftaran, tim pemenangan bakal calon independen, Ustaz Syarifuddin El Makky dan Mecky Dewancha memang telah mendatangi KPU Karimun.





Namun Eko belum mengetahui, apakah pasangan tersebut akan mengembalikan syarat-syarat pendaftaran atau tidak. Hanya saja Eko mengakui seorang tim dari pasangan Ustaz Syarifuddin El Makky dan Mecky Dewancha sempat menemuinya.

"Hari Sabtu kemarin Seto datang. Saya tangkap dari bahasanya, nampaknya tidak terkejar (memenuhi persyaratan)," kata Eko.

Ustaz Syarifuddin El Makky Nyalon Bupati Karimun Jalur Independen, Ini Kata Ketua KPU

Ikut Pilkada Jalur Independen? Siap-Siap, Batas Akhir Pengumpulan Dukungan 20 dan 23 Februari Ini

Terpisah saat dikonfirmasi, Ustaz Syarifuddin El Makky mengatakan, para relawan yang mendukung dia kesulitan dalam mengumpulkan persyaratan untuk maju melalui jalur independen.

"Kayaknya relawan sulit memenuhi persyaratan karena hal-hal yang tak bisa diterangkan," katanya.

Diketahui, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun melalui jalur independen harus memenuhi syarat minimal dukungan masyarakat sebanyak 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap.

Artinya calon perorangan harus mengumpulkan 17.000 lebih dukungan. Dukungan tersebut dipastikan dengan KTP dari DPT.

Halaman
1234
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved