BATAM TERKINI

Ramai Kabar Pembuatan SIM Gratis di Batam, Ini Kata Polda Kepri, Kadishub Sebut Masih Wacana

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, tidak ada program pembuatan SIM secara gratis oleh pihaknya.

Ramai Kabar Pembuatan SIM Gratis di Batam, Ini Kata Polda Kepri, Kadishub Sebut Masih Wacana
(Kompas.com/Oik Yusuf)
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menanggapi terkait informasi pembuatan SIM secara gratis dan kolektif kerjasama antara Dinas Perhubungan dan Satlantas Polresta Barelang.

Harry menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Kepri hingga Satlantas Polresta Barelang terkait kabar pembuatan SIM secara gratis itu.

"Dari hasil koordinasi saya dengan Dirlantas, Kapolresta Barelang dan Kasat Lantas Barelang, tidak ada program yang sebagaimana diberitakan tentang pembuatan SIM secara gratis tersebut," jelasnya meluruskan kabar yang beredar.

Jika dilihat pada akun facebook milik Dinas Perhubungan Kota Batam yang di-upload pada 13 Februari tertulis;






"Dinas Perhubungan Kota Batam Melakukan Kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus Se-Kota Batam, Yang Di Pimpin Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Rustam Efendi SE, M.Si berserta Jajaran, Terkait Mekanisme Pendataan Dan Persyaratan Seleksi Mahasiswa dan Mahasiswi Calon Peserta SIM Gratis.

Pemko Batam Fasilitasi Pelajar Miliki SIM, Berapa Umur Remaja yang Dibolehkan Punya SIM?

Pemilik Usaha Transportasi Batam Ajukan SIM Gratis Untuk Sopir, Ungkap Alasannya!

Kamis, 13 Februari 2020

#pemkobatam
#dinasperhubungankotabatam
#humasdishubkotabatam"

Saat dikonfirmasi terkait kabar pembuatan SIM secara gratis yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan Kota Batam dan menggaet mahasiswa dari beberapa kampus itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Rustam Effendi membenarkannya.

"Memang ada kita rencanakan bulan Maret mendatang," ujarnya

Menurut Rustam, terkait pembuatan SIM secara gratis untuk kalangan anak muda itu baru tahap wacana. Rencananya akan dikoordinasikan dengan pihak Satlantas Polresta Barelang.

"Staf saya lagi berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pembuatan SIM gratis untuk kaum milenial," ujarnya.

Ia menambahkan jika pembicaraan sudah masuk tahap final kemungkinan dilanjutkan dengan proses MOU, jika hal itu disetujui oleh Satlantas Polresta Barelang.

Ia mengatakan untuk proses pembuatan SIM secara gratis itu, nantinya akan ditanggung oleh pihaknya dan disetor ke pemasukan negara.

"Bukan gratis, yang bayar itu kita ke Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD)," ujarnya.

(TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved