BATAM TERKINI

INSA Minta Biaya Tak Penting Dihapus, Virus Corona Mulai Pengaruhi Ekonomi Batam

Dampak virus corona yang terjangkit di beberapa negara termasuk Singapura, cukup mengganggu mata rantai ekonomi dunia. Termasuk Batam.

INSA Minta Biaya Tak Penting Dihapus, Virus Corona Mulai Pengaruhi Ekonomi Batam
Tribun News
ilustrasi uang rupiah menguat 

INSA Minta Biaya Tak Penting Dihapus, Virus Corona Mulai Pengaruhi Ekonomi Batam

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dampak virus corona yang terjangkit di beberapa negara termasuk Singapura, cukup mengganggu mata rantai ekonomi dunia.

Kondisi ini memunculkan sebuah prediksi akan jatuhnya Singapura ke jurang resesi.

Bahkan Kementerian Perdagangan Singapura memprediksi pertumbuhan menurun. Padahal sebelumnya, pemerintah memproyeksikan, ekonomi Negeri Singapura berada di kisaran 0,5 persen hingga 2,5 persen.

Menanggapi hal tersebut Ketua Indonesian National Shipowners Association (INSA) Batam, Osman Hasyim mengakui perekonomian menurun akan menjadi pemicu di sektor perkapalan atau maritim di Batam dan Kepri.

Secara otomatis para pengusaha di bidang ini khususnya Singapura diprediksi akan melakukan efisiensi-efisiensi.

“Sudah bisa dipastikan akan berdampak pada kita. Tentunya para pengusaha di bidang ini khususnya Singapura diprediksi akan melakukan efisiensi-efisiensi,” jelas Osman Hasyim saat dihubungi awak media, Jumat (21/2/2020).

Bukan Hanya Singapura, Virus Corona Hantam Ekonomi Batam, Karyawan Terancam Dirumahkan

Adanya kondisi tersebut, lanjut dia, membuat semua aktivitas akan berkurang. Sehingga dibutuhkan langkah-langkah jitu dan strategis untuk mengantisipasinya.

Jika bertahan dalam pola-pola biasanya, menurutnya belum mampu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menarik investasi di bidang maritim ke Batam dan Kepri.

“Jika tidak ada antisipasi dan terobosan, saya yakin kondisi ekonomi dari sektor ini di Batam dan Kepri akan terpuruk,” tegasnya.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved