Sidang Vonis Penyelundupan Rokok di Karimun Tak Dihadiri Terdakwa, Jaksa Sayangkan Sikap Hakim

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Karimun, Andriansyah menyayangkan sidang putusan tetap berjalan, sementara para terdakwa tidak hadir.

Sidang Vonis Penyelundupan Rokok di Karimun Tak Dihadiri Terdakwa, Jaksa Sayangkan Sikap Hakim
TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA
Sidang putusan kasus pelanggaran kepabeanan yang melibatkan satu terdakwa benama Asrudin alias Awang, Kamis (20/2/2020) malam. Selain Awang, majelis hakim juga menjatuhkan vonis terhadap 9 terdakwa lainnya. Hanya saja, terdakwa tidak dihadirkan saat pembacaan vonis 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Karimun baru-baru ini memutus perkara penyelundupan rokok tanpa kehadiran terdakwa di persidangan.

Total ada 10 terdakwa dengan dua berkas perkara terpisah.  Yakni satu berkas untuk terdakwa Asrudin alias Awang, sedangkan berkas satu lagi untuk 9 terdakwa lainnya.

Mereka divonis pada persidangan Kamis (20/2/2020) malam lalu.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Karimun, Andriansyah menyayangkan sidang putusan tetap berjalan, sementara para terdakwa tidak hadir.





Menurutnya putus tanpa terdakwa sudah melanggar KUHAP. Pihaknyapun berencana mengajukan banding.

"Ini bukan in absentia. In absentia itu dari awal sudah ada penetapan dulu. Dari pemeriksaan saksi, dakwaan itu ada terdakwanya. Kemarin itu karena sudah malam dibawa balik untuk alasan keamanan," paparnya, Jumat (21/2/2020).

"Kenapa tidak ditunggu sampai besok pagi biar bisa dibawakan terdakwanya. Tapi perbedaan pendapat antara hakim dan jaksa itu biasa," tambahnya.

Dalam kelanjutan perkara ini, Kejaksaan Negeri Karimun akan melakukan banding. Di dalam banding tersebut juga akan disampaikan terkait keberadaan barang bukti.

"Mungkin kita banding. Di memori banding kita akan jelaskan juga barang itu ada," kata Andriansyah.

Sementara itu soal barang bukti rokok perkara pelanggaran kepabeanan ini, Andriansyah juga membantah barang bukti itu tidak ada lagi.

Andriansyah mengatakan, barang bukti berupa ratusan karton rokok itu masih ada.

Barang bukti rokok yang disimpan di gudang penyimpanan titipan Kejaksaan Negeri Karimun.
Barang bukti rokok yang disimpan di gudang penyimpanan titipan Kejaksaan Negeri Karimun. (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA dok Kejari Karimun)

Barang bukti tersebut berada di gudang penitipan barang bukti Kejaksaan Negeri Karimun di kawasan Parit Rempak, Kecamatan Meral.

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved