Breaking News:

KOMISARIS PT PMB DITAHAN

Bukan yang Pertama, KLHK Tangani 3 Kasus Alih Fungsi Hutan Lindung Menjadi Kaveling di Batam

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menangani 3 kasus dugaan alih fungsi lahan menjadi kaveling di Batam, Provinsi Kepri.

Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Ichwannurfadillah
Tim dari KLHK dan konsumen mendatangi kantor PT Prima Makmur Batam (PMB), Minggu (23/2/2020). Direktur Penegakan Hukum KLHK menangani 3 kasus alih fungsi hutan lindung menjadi kaveling. 

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menangani 3 kasus dugaan alih fungsi lahan menjadi kaveling di Kota Batam, Provinsi Kepri. 

Direktur Penegakan Hukum Pidana (Gakkum) KLHK RI, Yazid Nurhuda mengungkapkan, tiga kasus yang ditangani penyidik KLHK di antaranya dugaan alih fungsi hutan lindung menjadi kaveling siap bangun yang menyeret komisaris PT Prima Makmur Batam (PMB).

"Yang sedang saya tangani saat ini ada 3 kasus. Dan untuk ketiganya sprindik (Surat Perintah Penyidikan) telah keluar," ucapnya kepada TribunBatam.id saat dihubungi, Minggu (23/2/2020).

Kasus alih fungsi hutan lindung di Kota Batam menurutnya menjadi perkara serius. Selain dianggap merugikan banyak pihak, perbuatan ini telah menyalahi aturan hukum yang berlaku.

Yazid menambahkan, pihaknya juga akan meminta seluruh keterangan dari pihak terkait, termasuk korporasi maupun perseorangan.

Ia menerangkan, permasalahan alih fungsi hutan lindung bukan perkara mudah.

Menurutnya, ada prosedur hukum yang harus dilalui seperti pengurusan izin lingkungan dan lainnya.

Terhadap kasus PT PMB, beberapa hari lalu pihak Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) sendiri telah menyimpulkan jika pada perkara ini terdapat dugaan penyalahgunaan lahan kawasan hutan lindung di Kota Batam.

Hal ini disebabkan adanya pembiaran yang dilakukan pemangku kepentingan terkait penyalahgunaan lahan kawasan hutan lindung.

 Komisaris PT PMB Ditahan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved