ATB Dukung Kota Batam Bersih dari Sampah, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Bengkong

ATB turut andil dalam perhelatan yang diikuti oleh 1.000 partisipan yang berasal dari seluruh instansi vertikal, swasta, komunitas hingga masyarakat.

ATB Dukung Kota Batam Bersih dari Sampah, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Bengkong
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA dokumentasi ATB
Tim ATB berfoto bersama dengan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - PT. Adhya Tirta Batam (ATB) turut berpartisipasi aktif dalam program pemerintah menjadikan Batam sebagai kota bersih bebas dari sampah. Termasuk dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan di Bengkong, Jumat (21/2/2020).

ATB turut andil dalam perhelatan yang diikuti oleh 1.000 partisipan yang berasal dari seluruh instansi vertikal, swasta, komunitas hingga masyarakat. Bersama-sama bergerak membersihkan sampah di area muara sungai Bengkong Laut.

Tidak hanya mengirimkan karyawan, ATB juga turut menyediakan fasilitas air siap minum (Water Fountain) untuk kebutuhan minum para peserta aksi. Water Fountain ini menjadi salah satu fasilitas yang diakomodir ATB, guna meminimalisir penggunaan kemasasan plastik untuk minum peserta.

“Secara tidak langsung Water Fountain ini bisa mengurangi penggunaan sampah plastik dari botol minuman," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

ATB menurunkan Fasilitas Air Siap Minum (Water Fountain) ke lokasi kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 guna meminimalisir penggunaan kemasan plastik air minum.
ATB menurunkan Fasilitas Air Siap Minum (Water Fountain) ke lokasi kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 guna meminimalisir penggunaan kemasan plastik air minum. (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA dokumentasi ATB)

ATB adalah perusahaan yang konsen terhadap permasalahan sampah, terutama yang berkaitan dengan plastik. Untuk menunjukan keseriusannya, ATB telah lebih dulu meminimalisir penggunaan plastik melalui progam Eco Office.

“Setiap departemen merancang program bebas plastik secara kreatif. Hasilnya, kami telah berhasil mereduksi penggunaan plastik secara signifikan,” imbuhnya.

Tidak hanya di internal perusahaan, ATB juga turut mengkampanyekan minimalisasi penggunaan plastik melalui sejumlah kegiatan perusahaan. Terutama melalui program-program edukasi kepada pelajar. Tujuannya, agar budaya ini bisa tumbuh dan berkembang sejak dini.

Kepedulian yang ditunjukan ATB sejalan dengan nilai inti perusahaan atau core values yang selalu di implementasikan dalam budaya kerja yang baik. Sebagai perusahaan pelayanan air bersih, ATB cukup peduli dengan keberlangsung lingkungan yang berhubungan dengan ketersediaan air bersih.

Seperti diketahui, produksi sampah di Kota Batam berkisar 800-1000 ton per hari. Sekitar 20 % diantaranya terdiri dari sampah plastik.

Selain berpartisipasi dalam HPSN yang dilaksanakan oleh pemerintah, ATB juga melaksanakan kegiatan serupa di Waduk Duriangkang. Jajaran manager dan pegawai melakukan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan, seperti bersih-bersih sampah.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad turut mengapresiasi keikutsertaan stakeholder, termasuk ATB, dalam kegiatan HPSN 2020. Amsakar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozie, turut menyapa personel ATB di tempat kegiatan.

Pada kesempatan itu, Amsakar berpesan agar setiap instansi mulai menginisiasi program-program yang mereduksi penggunaan plastik. Langkah sederhana yang dilakukan adalah mengurangi penggunaan plastik dalam setiap kegiatan mulai dari kegiatan resmi pemerintah maupun kegiatan-kegiatan luar pemerintahan.

"Lebih diharapkan akan tumbuh kesadaran mengurangi penggunanan sampah plastik tidak hanya dimomen HPSN saja di setiap waktu harus lebih peduli," pesan Amsakar. (*)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved