Breaking News:

Tembus Hingga Rp 3.674 Triliun, Menkeu Sri Mulyani Pegang 1,6 Juta Data Finansial WNI di Luar Negeri

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengantongi lebih dari 1,6 juta data financial account WNI di luar negeri dengan nilai lebih dari Rp 3.674 Triliun.

Editor: Septyan Mulia Rohman
YOUTUBE
Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, Sri Mulyani kantongi data 1.6 Juta Rekening WNI di Luar Negeri. Nilanya mencapai Rp 3.676 Triliun. 

TRIBUNBATAM.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengantongi lebih dari 1,6 juta data financial account Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dengan nilai lebih dari 246,6 miliar Euro atau setara dengan Rp 3.674 triliun (asumsi kurs Rp 14.900 per euro).

Data tersebut berhasil didapatkan pemerintah dari negara lain yang menjalin kerja sama pertukaran informasi keuangan secara otomatis untuk kepentingan perpajakan atau Automatic Exchange of Information (AEoI).

"Terdapat 94 negara yang telah memulai pertukaran informasi secara otomatis," kata Sri Mulyani, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Minggu (23/2/2020) seperti dikutip dari TribunMedan.com.

Dengan data informasi tersebut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menilai upaya penghindaran dan pengurangan pajak dapat diminimalisir.

Ke depannya, Sri Mulyani menekankan pentingnya kesamaan level bermain antar negara untuk menjaga pelaksanaan transparansi perpajakan global.

"Semua negara harus dalam posisi yang sama, tidak boleh lagi negara tax haven atau low tax juridiction.

Memiliki standar dan peraturan yang sama mengenai pertukaran informasi pajak," tuturnya.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Ani itu menginginkan pemerintah dari berbagai negara untuk mengedukasi masyarakatnya terkait keamanan data meski adanya transparansi tersebut.

"Jika saja seluruh masyarakat global menyuarakan hal yang sama bahwa penggunaan data hanya untuk menguji kepatuhan pajak, maka akan lebih mudah bagi kita semua dalam meningkatkan kepatuhan pajak," kata dia.

Kemudian, pemerintah juga perlu melakukan reformasi terhadap otoritas dan pegawai pajak sehingga memiliki standar internasional.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved