Breaking News:

MAHASISWA DEMO BC TANJUNGPINANG

BC Tanjungpinang Sebut Izin Ekspor Impor PT MIPI Bukan Kewenangannya, "Kami Hanya Jalankan Sistem"

Bea Cukai (BC) Tanjungpinang menyebut izin ekspor impor PT MIPI bukan kewenangannya. Pihaknya hanya menjalankan peraturan dari sistem di pusat.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Endra Kaputra
Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Oka Ahmad Setiawan. 

TANJUNGPINANG,TRIBUNBATAM.id - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang menegaskan izin ekspor dan impor PT Mangrove Industry Park Indonesia (MIPI) bukan kewenangan Bea Cukai.

Ini disampaikan Kepala BC Tanjungpinang melalui Kasi Penyuluhan, dan Layanan Informasi Oka Ahmad Setiawan menanggapi pertanyaan perwakilan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Tanjungpinang.

"Kami hanya diberikan amanah untuk menjalankan peraturan yang sudah dikeluarkan sistem di pusat," katanya, Selasa (25/2/2020).

Oka mengarahkan perwakilan mahasiswa untuk mengonfirmasi instansi yang mengeluarkan izin saat perwakilan mahasiswa kembali bertanya apakah izin yang dikeluarkan menyalahi aturan atau tidak.

Ia menjelaskan, dalam izin tersebut sudah terkoneksi melalui sistem. Sistem tersebut menurutnya sudah dalam proses serta tahapan apakah sesuai atau tidak.

"Jadi sepanjang sistem tidak ada penolakan, Bea Cukai tidak berhak untuk menghalangi impornya atau ekspor," jelasnya.

Bea Cukai menurutnya tidak wajib memeriksa barang yang akan diimpor atau diekspor.

"Apalagi dalam sistem itu, jalurnya juga hijau. Kalau jalur hijau, tidak dilakukan pemeriksaan fisik. Nah itu juga sistem yang tentukan, bukan Bea Cukai. Gak mungkin kami seenaknya menolak barang itu, sementara sistem tidak menolaknya," ucapnya.

BC Tanjungpinang Minta Surat Resmi

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Tanjungpinang merasa tidak puas terhadap jawaban pihak Bea Cukai Tanjungpinang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved