HEADLINE TRIBUN BATAM

Anwar Takkan Dapat Tongkat, Mahathir Diperkirakan Tetap Jadi PM

Lanskap politik Malaysia berada pada tahap ketidakpastian ketika Dr Mahathir Mohamad menjatuhkan bom pengunduran dirinya sebagai perdana menteri.

Anwar Takkan Dapat Tongkat, Mahathir Diperkirakan Tetap Jadi PM
TRIBUNBATAM.ID/MADI DWINANDO
Headline Tribun Batam 

Anwar Takkan Dapat Tongkat, Mahathir Diperkirakan Tetap Jadi PM

KUALA LUMPUR, TRIBUNBATAM.id - Lanskap politik Malaysia berada pada tahap ketidakpastian ketika Dr Mahathir Mohamad menjatuhkan bom pengunduran dirinya sebagai perdana menteri.

Keputusan ini memicu dampak berantai. Mulai dari perpecahan di koalisi Pakatan Harapan sendiri hingga menteri kabinet yang harus mengemas barang-barang mereka di kantor.

Hingga saat ini, Mahathir belum membeberkan alasan ia mengundurkan diri. Kemarin, Mahathir memposting tiga foto di meja kantornya di Facebook (25/2/2020), sehari setelah dia mengundurkan diri.

"Hanya satu hari lagi di kantor," tulisnya di caption.

Sementara, Selasa sore, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengundang 90 dari 222 anggota parlemen ke Istana sebelum memutuskan calon PM baru.

Kelompok pertama 90 anggota dan akan memanggil 132 lagi besok.

Koalisi PH yang berhasil menggulingkan kekuasaan Barisan Nasional selama 63 tahun hanya berumur seumur jagung.

Setelah isu suksesi pertengahan jalan kepemimpinan Mahathir yang terus didesak oleh PKR, yang terjadi justru kericuhan internal.

Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) menyatakan keluar dari koalisi. Di tubuh Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang didirikan Anwar Ibrahim dan istrinya, Wan Azizah Wan Ismail juga terjadi perpecahan.

Sebelas anggotanya, dimotori oleh Wakil Presiden PKR Mohamed Azmin Ali keluar dan membentuk koalisi independen di parlemen sehingga PKR kini hanya memiliki 39 kursi.

Halaman
1234
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved