BATAM TERKINI

Palsukan Dokumen Kapal, Mantan Kepala Syahbandar Batam Terancam 8 Tahun Penjara

Mantan Kepala Kantor Pelabuhan (Syahbandar) Batam Bambang Gunawan dan Kepala Pos Kesyahbandaran Tanjung Uncang Sularno, menjalani sidang perdana.

Palsukan Dokumen Kapal, Mantan Kepala Syahbandar Batam Terancam 8 Tahun Penjara
TRIBUNBATAM.id/LEO HALAWA
Mantan Kepala Kantor Pelabuhan (Kesyahbandaran) Batam Bambang Gunawan dan Kepala Pos Kesyahbandaran Tanjung Uncang Sularno, menjalani sidang perdana Selasa (25/2) di dalam tahanan Pengadilan Negeri Batam. 

Palsukan Dokumen Kapal, Mantan Kepala Syahbandar Batam Terancam 8 Tahun Penjara

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Mantan Kepala Kantor Pelabuhan (Kesyahbandaran) Batam Bambang Gunawan dan Kepala Pos Kesyahbandaran Tanjung Uncang Sularno, menjalani sidang perdana Selasa (25/2/2020) siang di Pengadilan Negeri Batam.

Kedua pejabat itu, duduk di kursi pesakitan lantaran diduga memalsukan dokemen.

Saat sidang perdana itu, dipimpin Ketua Majelis Hakim Christo E.N Sitorus didampingi hakim Marta Napitupulu dan Egi Novita.

Dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mega Tri Astuti. Sedianya, kedua terdakwa Bambang Gunawan dan Sularno menghadapi pembacaan surat dakwaan.

Hanya saja, ditunda lantaran kuasa hukum kedua terdakwa belum menghadiri persidangan.

"Jadi kita tunggu dulu penasihat hukum terdakwa. Jadi sidang ditunda dan digelar pekan depan. Kepada terdakwa siapkan kuasa hukum ya. Jika tidak, karena ancaman lima tahun ke atas negara akan siapkan kuasa hukum gratis," ujar hakim itu.

Seperti diketahui kasus keduanya, berawal pada tahun 2010 kapal MV Seniha-S IMO 870151987 berbendera Panama milik Bulk Blacksea Inc, warga negara Turki, Mustafa Erl.

BAWA Sabu 3,1 Kg, Imah Ahyuni Jalani Sidang di PN Batam dan Terancam Hukuman Mati

Kapal tersebut sedang melakukan perbaikan di Galangan Dry Docks Shipyard Pertama di Tanjung Ucang Batam, dengan menggunakan agen PT Jasa Maritim Wawasan Nusantara untuk pengurusan segala dokumen kapal.

Saksi Bowale Roy Novan selaku Direktur PT Persada Prima Pratama mendapatkan kuasa dari Mustafa Erl sebagai perwakilan untuk menjaga, memelihara, pengalihan fisik dan melakukan pengurusan dokumen dan membayar biaya kapal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved