Tunggu Keputusan Raja Malaysia, Anwar Ibrahim Klaim Mandat Perdana Menteri dari Pakatan Harapan

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim mengkonfirmasi dirinya menjadi kandidat Perdana Menteri Malaysia yang dicalonkan Pakatan Harapan.

Repro Kuala Lumpor Post/Richard Susilo
Presiden Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR),Datuk Seri Anwar Ibrahim mengklaim mendapat mandat dari Pakatan Harapan untuk menjadi kandidat Perdana Menteri Malaysia. 

KUALA LUMPUR,TRIBUNBATAM.id - Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim mengkonfirmasi dirinya menjadi kandidat Perdana Menteri Malaysia yang dicalonkan para pemimpin partai koalisi Pakatan Harapan.

Menurut Anwar Ibrahim, keputusan itu diambil Dewan Presiden Pakatan Harapan, Selasa (25/2/2020) waktu setempat.

"Dewan Presiden telah mengundang Mahathir Mohamad untuk memimpin pertemuan untuk memulihkan pemerintahan Pakatan. Tapi Mahathir tidak setuju untuk menghadiri pertemuan pada hari Selasa. Karena itu, Dewan Presiden memutuskan, pada hari Selasa, bahwa kandidat Perdana Menteri adalah Datuk Seri Anwar Ibrahim," ujar Anwar Ibrahim kepada wartawan saat konferensi pers yang diadakan di markas PKR di Malaysia, Rabu (26/2/2020) seperti dilansir Tribunnews.com.

Dia menegaskan, Koalisi Pakatan Harapan tetap berkomitmen terhadap aspirasi dan mandat rakyat untuk membawa negara ini ke arah yang lebih baik dalam hal perekonomian, politik dan masyarakat.

"Kami tidak akan mengkhianati mandat ini," ujarnya.

Sejauh ini, semua pihak masih harus menunggu keputusan Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agung, siapa yang akan dipilih.

"Kita harus menghormati keputusan (Yang Dipertuan Agung) karena akan dibuat berdasarkan konstitusi negara dan hukum," katanya.

Keinginan Mahathir Mohamad

Perdana Menteri sementara Malaysia Mahathir Mohamad ingin membentuk kabinet yang diisi orang-orang berkompeten dan tidak harus terafiliasi ke dalam partai politik.

Hal itu disampaikan Mahathir Mohamad dalam pernyataanya di televisi, Rabu (26/2/2020).

Halaman
12
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved